Polres Kepulauan Yapen Siaga Hadapi Massa Pendemo

0
9
Anggota Polres Kepulauan Yapen, saat menggelar simulasi sistem pengamanan kota jelang Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua 2018. (Seo / Harian Pagi Papua)
Anggota Polres Kepulauan Yapen, saat menggelar simulasi sistem pengamanan kota jelang Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua 2018. (Seo / Harian Pagi Papua)

SERUI (LINTAS PAPUA) – Polres Kepulauah Yapen Siaga Hadapi Massa Pendemo , hal ini sebagaimana Polisi Resort (Polres) Kepulauan Yapen menggelar simulasi sistem pengamanan kota guna menghadapi pemilihan kepala daerah Gubernur/ Wakil Gubernur Papua 2018 yang berlangsung di Alun-alun Trikora, Rabu (22/2/2018).

Dalam simulasi tersebut digambarakan sistem keamanan ketika pemilihan kepala daerah berlangsung, mulai dari tahap kampanye, pencoblosan hingga penetapan pemenang. Hingga menghadapi situasi kerusuhan. Simulasi sispam kota melibatkan semua unsur terkait di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Kapolres Kepulauan Yapen, AKBP Penri Erison mengatakan, simulasi sistem pengamanan kota yang dilaksanakan dimaksudkan untuk memberi gambaran kepada seluruh masyarakat, penyelenggara pemilu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen dan kontestan pasangan calon tentang kesiapan pengamanan pemilihan kepala daerah tahun 2018.

” Kami menggelar simulasi ini dalam rangka antisipasi tidak puas terhadap putusan KPU pasca pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua tahun 2018,” ujar Penri.

Masih dikatakan Penri bahwa simulasi ini sebagai bentuk kesiapan Polres Kepulauan Yapen dalam menghadapi unjuk rasa oleh masyarakat jelang putusan KPU, karena ini mengacu pada perintah Kapolda Papua dalam hal melatih para anggotanya dalam simulasi.

“ Di sisi lain simulasi yang digelar oleh pihak keamanan dinilai puas, dimana semua tahapan telah dipersiapkan baik itu menyangkut kesiapan personil dalam mengantisipasi serangan masyarakat tapi juga kesiapan lainnya sehingga lebih mengedepankan negosiasi terhadap masyarakat pendemo,” tandasnya seraya berharap pelaksanaan Pilkada berlangsung aman dan kondusif. (Seo/lea/Koran Harian Pagi Papua)