Pemimpin Papua Kedepan Harus Mendorong IPM

0
326
Jeheskiel Esau Suwae
Jeheskiel Esau Suwae, saat berada di depan Kampus Pasca Sarja Ekonomi Pembangunan UGM Jogjakarta. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Pertandingan sudah dimulai bagi para calon kandidat, sehingga mari berpolitik ide dan gagasan untuk lima tahun kedepan. Sebab, Papua memiliki kekayaan alam, kekayaan seni budaya dan sumber daya manusia yang sangat potensial, yang harus dikelola hingga mendorong  kemajuan  Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Hal ini disampaikan, Salah Satu Pemuda Papua, Jeheskiel Esau Suwae, sekaligus menilai,  bahwa banyak kekayaan alam yang belum dikelola secara baik,  sehingga tidak dapat menciptakan kesejahteraan masyarakatnya.

“Maka, pemerintahan yang nanti harus berpikir ulang untuk menentukan konsep pembangunan yang demokratis dan memberi ruang bagi partisipasi publik serta IPM Papua harus lebih meningkat,” katanya.

Esau berharap, pemerintahan lima tahun kedepan dapat  melakukan rethingking the goverment. Rethingking goverment adalah upaya pemerintah untuk berpikir strategik (strategik thingking), bervisi strategik (strategik vision), dan memiliki manajemen yang strategik (strategik management).

“Hal tersebut sangat penting dilakukan pemerintah daerah dalam rangka menciptakan landasan pembangunan Papua dimasa sekarang dan yang akan datang,” kata pria asal Tanah Merah, yang kini melanjutkan studi pasca sarjana di Ekonomi Pembangunan Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta.

Diakui, Otonomi Khusus Papua terisisa  7 tahun lagi dan IPM Papua masih terendah. “Pasti semua orang bertanya kemana uang Dana Otsus selama ini. IPM adalah Indikator suatu daerah jadi kalau mau goyang didaun/atas saja percuma kaum intelektual, pemerintah Pusat tahu Papua masih terendah,” tuturnya.

Tokoh Muda asal Tanah Tabi ini berharap, siapapun yang terpilih kedepan,  harus menjadi prioritas kedepan bagi Gubernur dan wakil  gubernur terpilih dalam membangun serta  harus punya integritas serta konsisten untuk membangun Papua dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here