DPRP Pertanyakan Puluhan  Senpi Hasil Kerja Kodam XVII/Cenderawasih

0
3
Angoora DPR Papua, L Kadepa
Anggota komisi 1 DPR Papua, Laurenzus Kadepa. (Fransisca/LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –   Anggota komisi 1 DPR Papua, Laurenzus Kadepa mengatakan,pihaknya  ingin mengetahu hasil kerja Kodam XVII/Cenderawasih terkait senjata api yang telah didapat intitusi negara ini di Papua.

 

“Saya ingin tahu dari mana  puluhan senjata api hasil yang di dapat Kodam XVII cendrawasih selama beroprasi di Papua, sebab dari jumlah puluhan senjata api yang di dapat baik dari hasil penyerahan masyarakat kepada Kodam XVII Cendrawasih mengundang tanya bagi rakyat Papua,” ujar Anggota komisi 1 DPRPapua, Laurenzus Kadepa, Selasa (20/2/2018).

Dikatakan,  di beberapa media di jelaskan bahwa senjata senjata ini ada yang dari masyarakat yang dari PNG ada juga yang dari Philipina, sehingga yang menjadi pertanyaan senjata ini bisa tiba di tangan masyarakat pasti butuh proses yang panjang dan saya pikir tidak semudah itu kita dapat membawa senjata apalagi dari luar Papua dan Indonesia.

“Kami  meminta agar pihak Kodam bisa menjelaskan kepada masyarakat Papua darimana asal muasal senjata yang ini jangan sampai senjata ini bukan di peroleh dari tangan masyarakat,” tuturya bertanya.

Ditamabhkan, bahwa selama ini kan  pihaknya mengetahui  siapa yang bermain dengan barang barang ini seperti amunisi dan senjata kan oknum aparat juga  yang banyak terbukti sebagai pelaku.

“Jadi perlu ada pembuktian apa benar senjata senjata ini apakah murni dari masyarakat dan TPN OPM ataukah dari oknum aparat yang bermain,” ucapnya.

 

Kadepa menegaskan,  bahwa pihak Kodam XVII Cendrawasih tidak berbangga hati atas apa yang telah di capai dengan menunjukan puluhan senjata yang di klaim hasil pendekatan di masyarakat, ini sungguh tidak masuk di akal.

 

“Jadi sebelum berbangga hati dan mengangkat senjata api sebagai pembuktian kerja selama ini coba di telusuri ebih lanjut senjata ini benar dari masyarakat apa dari sumber lain,” pungkasnya.

 

Sebelumnya dDari hasil jumpa pres yang di gelar Makodam XVII Cendrawasih (Senin/19/2/2018) hasil kerja Anggota Kodam XVII Cendrawasih selama ini mengamankan 72 pucuk senjata  di peroleh dari pendekatan TNI kepada masyarakat. (Fransisca / LintasPapua.com)