Pengadilan Negeri Jayapura Canangkan Zona Integritas

0
604
Wali Kota Jayapura,  DR.  Benhur Tomi Mano, MM.,  bersama Ketua Pengadilan Negeri Jayapura Klas IA, Lukman Bachmid, SH. MH dan Muspida berfoto bersama usai pencanangan zona integritas.  (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)
Wali Kota Jayapura,  DR.  Benhur Tomi Mano, MM.,  bersama Ketua Pengadilan Negeri Jayapura Klas IA, Lukman Bachmid, SH. MH dan Muspida berfoto bersama usai pencanangan zona integritas.  (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Ketua Pengadilan Negeri Jayapura Klas IA, Lukman Bachmid, SH. MH mengatakan tujuan utama pihaknya mencanangkan zona integritas ialah untuk mencegah adanya Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) yang terjadi di kalangan masyarakat dan negara, serta memberikan pelayanan publik secara cepat dan tepat.

 

Hal tersebut diungkapkannya usai penanda tanganan komitmen bersama atas pencanangan zona integritas Pengadilan Negeri Jayapura Klas IA, bertempat di Aula Pengadilan Negeri Jayapura Klas IA, Senin (19/2/2018).

 

Untuk menyikapi hal itu pihaknya juga akan memberlakukan percepatan penyelesaian perkara, percepatan pemberian hak-hak kepada para pemohon dan para pihak, penetapan zona steril area, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

 

“Jadi, para pihak yang ingin berhubungan dengan pihak pengadilan dan berharap satu output yang berbentuk putusan, penetapan dan surat-surat keterangan dari pengadilan itu pastinya akan melalui PTSP yang sekarang sedang kita bangun gedung fisiknya,” katanya.

 

 

Disinggung soal  keuangan, ia mengakui pihaknya akan segera mengadakan bank pelayanan yang akan bekerja sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), sehingga dirinya akan menjaga semaksimal mungkin jangan sampai ada pihak-pihak yang menyetorkan uang dalam bentuk tunai ke pihak pengadilan.

“Hal ini dalam rangka mencegah adanya KKN di lingkungan Pengadilan Negeri Jayapura Klas IA,” terangnya.

 

Lebih jelas kata Lukman bahwa pencanangan zona integritas bukanlah untuk mendapatkan akreditasi, melainkan hal itu merupakan komitmen ia bersama jajarannya untuk melakukan pelayanan publik yang baik, cepat dan tepat bagi masyarakat di Kota Jayapura.

 

 

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM menyambut baik dan mendukung pencanangan Zona Integritas yang dilaksanakan oleh Pengadilan Negeri Jayapura Klas IA, dalam pelayanan publik bagi masyarakat Kota Jayapura. ia pun berharap apa yang diinginkan oleh masyarakat dapat terlayani dengan baik.

 

 

“Kebijakan yang dilakukan oleh pemimpin pasti akan menimbulkan pro dan kontra, namun hal tersebut harus tetap dilakukan untuk kemajuan dan menjadikan masyarakat puas atas kinerja kita semua,” ucapnya.

 

 

Lanjutnya, dalam rangka menjalankan tiga fungsi besar pemerintah yaitu pelayanan, pengaturan dan pengawasan, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura bersama Muspida Kota Jayapura berkomitmen untuk memberikan pelayanan publik yang baik, efektif, efisien, dan transparan kepada masyarakat, sesuai denga tugas poko dan fungsi dari masing-masing instansi.

 

 

Dicontohkannya, di wilayah Pemkot Jayapura pihaknya telah membentuk cyber pungli dan empat wilayah tertib administrasi dan juga daerah bebas korupsi, serta birokrasi bersih dan melayani.

 

“Kiranya komitmen yang telah ditanda tangani para Muspida Kota, dan diikuti dengan terakreditasinya Pengadilan Negeri Jayapura Klas IA harus menjadi contoh di Papua terutama dalam memberikn pelayann yang transparan dan juga pelayanan sistem online,” harapnya.

 

Dengan dicanangkannya zona integritas, pihak pengadilan bisa melayani masyarakat sesuai Undang-Undang Nomor 25 tentang pelayanan publik, dimana masyarakat harapkan harus adanya transparansi atau keterbukaan  dari perkara yang mereka ikuti.

 

 

“Kalau boleh mereka pulang bawa hasil. Jangan masyarakat datang dari siang tunggu sampai malam baru sidang mulai. Kemudian juga manajemen serta sumber daya manusia yang baik, juga transparansi sangat dibutuhkan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ucapnya. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here