Anak Usia 16 Tahun di Kota Jayapura Wajib Rekam e – KTP

0
5
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura,  Merlan S Uloli.

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura,  Merlan S Uloli., saat diwawancara di Kantor Walikota. (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura, Merlan S. Uloli mengimbau kepada seluruh orang tua yang memiliki anak usia 16 tahun ke atas untuk mengajak anaknya segera melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk-elektronik (e-KTP) di kantor distrik masing-masing wilayahnya pada setiap hari kerja.

 

“Para pelajar berusia16 tahun membuat dan melakukan perekaman KTP-el saja, sesangkan pencetakan identitas kependudukan nasional itu akan diberikan pada saat anak memasuki usia 17 tahun. Tetapi untuk usia 17 tahun keatas sudah wajib membuat dan melakukan perekaman e-KTP,” terangnya kepada media di kantor Dispendukcapil Kota Jayapura, Senin (19/2/2018).

 

Sebelum ada permintaan dari pihak sekolah, menurutnya,  pihak kecamatan sudah harus sedini mungkin melakukan sosialisasi kepada 25 kelurahan yang ada di lima distrik di Kota Jayapura. Dan kemudian pihak kelurahan akan menindaklanjuti dan mensosialisasikan ke sekolah yang ada di wilayah kerjanya masing-masing.

 

Masih dikatakan Merlan, hal tersebut merupakan bagian dari terobosan pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya kepada para pelajar jelang diwajibkannya memiliki identitas e-KTP.

Ilustrasi KTP Elektronik (istimewa)

“Apalagi saat ini menjelang pemilihan umum legislatif dan Pemilihan Presiden. Kepemilikan e-KTP sebagai syarat mutlak warga untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilu,” katanya. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)