Wali Kota BTM  Buka  Argapura Cup U-18,  Melirik Bakat Muda PON XX 2020

0
612
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano MM saat melakukan penendangan bola pertama pada pembukaan turnamen Argapura Cup U-18 Jumat (16/2/2018). (Geis Muguri / Koran HPP)
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano MM saat melakukan penendangan bola pertama pada pembukaan turnamen Argapura Cup U-18 Jumat (16/2/2018). (Geis Muguri / Koran HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Walikota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano MM, yang juga adalah Ketua Asprov PSSI Papua membuka secara resmi turnamen Argapura Cup U-18 Tahun  berlangsung dilapangan Argapura Jumat, (16/02/2018) kemarin.

Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano dalam sambutannya mengatakan, kita hadir hari ini dilapangan sepak bola argapura, lapangan ini telah menghasilkan pemain-pemain yang hebat yang tergabung dalam tim kebanggaan kita Persipura Jayapura.

“Seperti Bapa Barnabas Youwe (Alm) dan Gaspar Sibi (Alm), banyak nama-nama dari Vanggasgu yang sudah memperkuat tim kebanggaan kita Persipura Jayapura. Bahkan yang masih ada yang seperti saya tau Bapak Yafet Sibi juga pemain dari PSK Kayo Pulo Vanggasgu dan juga pemain tim nasional Indonesia,” ujar BTM.

Ia menambahkan, lapangan ini mempunyai sejarah bagi Kota Jayapura dan lapangan ini kita sama-sama tangani bersama Pemerintah Kota Jayapura dalam pengelolaannya. Kedua sebagai gudangnya Sepak Bola di Indonesia. “Papua Brazil nya Indonesia, pada sore ini kita hadir dipembukaan turnamen ini, anak-anak sekalian Usia 18 tahun dalam pertandingan ini tunjukan skil kalian dengan baik,” katanya.

Ini juga dalam rangka mepersatukan dan peerat hubungan satu dengan yang lain. Saya harapkan dari pertandingan awal sampai akhir turnamen ini bisa berjalan dengan baik, dalam lapangan kita bermain  untuk bekelahi dan baku pukul. “ Tunjukan perstasi anda, skil agar ditonton dan menjadi hiburan bagi penonton yang hadir disore ini,” harap BTM.

Lanjutnya kalian adalah generasi dan usia yang sangat muda, harus bisa menjaga emosi anda dalam lapangan. Kalau pertandingan dicederai dengan perkelahian maka pertandingan itu akan bubar ditengah jalan maka tujuan dari pertandingan ini tidak mendapatkan hasil dari apa yang diharapkan.

BTM juga berpesan, kepada para wasit yang memimpin pertandingan, saya harapkan memimpin pertandingan ini fair play dengan jujur, adil, karena wasit juga yang mambuat pertandingan itu bisa henti ditengah jalan. Kuasai aturan-aturan itu dengan baik supaya memimpin pertadingan ini dengan tegas.

“Wasit jangan makan pinang, karena ini ada lambang PSSI yang dipakai sebagai sponsor, jangan mabuk waktu memimpin pertandingan karena ini akan mengacaukan pertandingan yang kita harapkan bisa berjalan dengan baik,” tegasnya.

“Kepada Panitia saya mengucapkan terimakasih dalam ajang pertandingan disore ini, dalam rangka memperingati dan menyongsong hari ulang tahun Kota yang ke 108. Terimkasih kepada panitia atas momen acara kegiatan sepak bola dihari ini,”  katanya.

“Dengan ajang pertandingan disore ini kita bisa mendapatkan bibit pemain yng bagus untuk kita siapkan. Mungkin ada teleskoting yang datang untuk melihat bahwa dia bisa merekrut untuk masuk diPersipura U-19 Persipura Jayapura nanti,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Turnamen Argapura Cup, Lambertus Fonataba SE. M.Ap dalam laporannya mengatakan, tujuan dari pada turnamen ini sendiri untuk membina bakat-bakat pemain muda khususnya U-18 tahun untuk kedepan nanti bisa mendapatkan kesempatan untuk bermain diPersipura U-19 tahun dan tim sepak bola PON 2020.

“Kita harapkan dari turnamen ini bisa mendapatkan pemain yang punya potensi dan bakat agar bisa bermain diPersipura U-19 dan PON 2020 yang nanti akan dilaksanakan di Papua,” ujarnya.

Adapun Hadia yang di siapkan dalam turnamen ini yakni Juara 1 mendapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp. 20 Juta, juara 2  tropi dan uang peminaan Rp.15 juta, juara 3 tropi dan pembinaan sebesar Rp. 10  juta dan juara  4 tropi serta uang pembinaan Rp. 7,5 juta.

Sedangkan, untuk hiburan pemain terbaik tropi dengan uang pembinaan Rp. 2 juta, Top skor tropi dan unang pembinaan sebesar Rp. 3 juta dan tim fair play dengan uang pembinaan Rp. 2 juta dan tropi kami juga telah menyiapkan piala tetap bagi semua tim yang ikut dalam turnamen ini berupa piala.

Kedepan iven ini akan terus diakomodir oleh Pemerintah Kota Jayapura melalui dinas terkait agar turnamen ini dapat berjalan terus, sehingga tidak putus sampai disini tetapi setiap tahun. Dalam rangka hari ulang tahun Kota Jayapura juga kami pemuda dan panitia argapura cup siap melaksanakan turnamen ini dan mohon dukungan dari Pemerintah Kota sehingga kami pemuda argapura dapat melaksanakan turnamen ini tiap tahun dan menjadi agenda rutin dalam agenda Asprov PSSI Papua. Turnamen ini terdiri dari dua Pool yakni A dan B dimana masing-masing Pool terdiri dari 6 tim diPool B dan A sebanyak 6 tim dengan menggunakan sistem stengah kompetisi. (Geis Muguri / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here