Provinsi Papua Terima Penghargaan dari Menpan Terkait Evaluasi Kinerja 2017

0
74

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Pada hari Selasa tanggal 13 Februari 2018 bertempat di Hotel Tentrem Jogjakarta, Gubernur Papua yang diwakili oleh Inspektur Provinsi Papua Drs. Anggiat Situmorang, M.Si, Ak, CA menerima penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Asman Nur atas Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah tahun 2017 dan dihadiri oleh Kepala Bappeda Provinsi Papua, Kepala Biro Organisasi Setda Prov. Papua dan Tim SAKIP Pemerintah Provinsi Papua.

Tujuan evaluasi ini adalah untuk menilai tingkat akuntabilitas atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil (result oriented government) serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Pemerintah Provinsi Papua memperoleh nilai 60,04 atau predikat “B” (Baik). Predikat ini lebih baik dari tahun sebelumnya dimana Pemerintah Provinsi Papua mendapat predikat nilai “CC” pada tahun 2016.

Penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran sudah cukup baik jika dibandingkan dengan capaian kinerjanya. Hal ini disebabkan oleh pembangunan budaya kinerja organisasi birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil di Pemerintah Provinsi Papua sudah mulai berjalan namun masih memerlukan perbaikan lebih lanjut.

Komponen yang dinilai meliputi: Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, Evaluasi Kinerja dan Capaian Kinerja

Uraian singkat hasil evaluasi adalah sebagai berikut: penerapan budaya kinerja telah dilaksanakan dan harus ditingkatkan, optimalisasi dokumen terkait kinerja (RPJMD, Renstra, Indikator Kinerja Utama (IKU), Perjanjian Kinerja (PK) dan Laporan Kinerja (LAKIP), optimalisasi Cascading Kinerja untuk efisiensi anggaran dlm pencapaian Tujuan dan Sasaran SKPD di Lingkungan PemProv Papua serta mendorong penerapan AKIP pada OPD dan Kabupaten/Kota.

Selain itu, Menpan dan RB RI juga merekomendasikan kepada Pemerintah Provinsi Papua untuk melakukan penerapan budaya kinerja, optimalisasi pelaksanaan monitoring dan evaluasi capaian kinerja dan melakukan review program, kegiatan dan anggaran dengan mengacu pada penyempurnaan tujuan dan sasaran Pemerintah Provinsi Papua.

Penghargaan ini mempunyai arti yang sangat penting dimana Pemerintah Provinsi Papua dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya sebagai penyelenggara pemerintahan di daerah telah sesuai dengan amanat peraturan perundangan. Sudah sepatutnya penghargaan ini dapat memacu peningkatan kinerja seluruh komponen yang terlibat dalam pencapaian kinerja Pemerintah Provinsi Papua. (Biro Humas dan Protokol Setda Papua)