Eltinus Omaleng, Philipus Wakerkwa dan Maria Kotorok Ditetapkan Tak Bisa Ikut Pilkada Mimika

0
724

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika digelar oleh KPU Kabupaten Mimika, sejak Sabtu (17/2/2018) malam hingga Minggu  (18/2/2018) malam lalu di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

Rapat pleno itu akhirnya memutuskan tiga bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati tidak memenuhi syarat atau TMS untuk ditetapkan menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika.

Ketiga pasangan calon yang dinyatakan tidak lolos adalah Eltinus Omaleng yang berpasangan dengan Johanes Rettob, dari jalur partai politik.

Sedangkan dua pasangan calon yang dinyatakan tidak lolos itu dari jalur independen atau perseorangan, yakni Philipus Wakerkwa-H Basri (PhilBas) dan Maria Florida Kotorok-Yustus Wai (MariUs).

Sementara pasangan calon yang dinyatakan lolos dan ditetapkan menjadi calon adalah Hans Magal-Abdul Muis (Ham), Mus Pigai-Allo Rafra (Musa), Robertus Waropea -Alberth Bolang (RnB), Petrus Yanwarin-Alpius Edowai (Petraled).

Keempat pasangan calon yang dinyatakan lolos itu semuanya berasal dari jalur independen atau perseorangan.

KPU Kabupaten Mimika menyatakan kandidat petahana dalam Pilkada Mimika, yakni Eltinus Omaleng yang berpasangan dengan Johanes Rettob, dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) menjadi peserta Pilkada Serentak Tahun 2018.

Pasangan dengan slogan OmTob yang dinyatakan TMS oleh KPU Kabupaten Mimika itu, karena diduga tersangkut persoalan menggunakan ijazah palsu.


Demikian di katakan oleh Ketua KPU Kabupaten Mimika Theodora Ocepina Magal pada Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon (Paslon) Peserta Pilkada Serentak Tahun 2018 di Kabupaten Mimika, yang berlangsung Sabtu (17/2/2018) malam hingga Minggu (18/2/2018) dinihari di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

Lanjut Ketua KPU Kabupaten Mimika, Theodora Ocepina Magal menyebutkan, bahwa bakal pasangan calon Eltinus Omaleng dan Johanes Rettob (OmTob), yang memborong semua partai politik yang ada di Kabupaten Mimika itu tidak memenuhi syarat (TMS) pada saat Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Peserta Pilkada Kabupaten Mimika 2018 oleh KPU Kabupaten Mimika yang berlangsung di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, sejak Sabtu (17/2/2018) malam hingga Minggu (18/2/2018) dinihari lalu.

Bakal pasangan calon Om-Tob dinyatakan TMS itu terkait ijazah palsu salah satu kandidat. Sehingga tidak dilakukan verifikasi faktual untuk ijazah terakhir S2 di Universitas Cenderawasih (Uncen).

“Setelah kita cros check ke sekolah (SMP) dari bakal calon bupati petahana Eltinus Omaleng yang mengunakan ijazah dan menanyakan ke dinas terkait, bahwa sekolah tersebut sudah lama ditutup dan tidak ada data atas nama yang bersangkutan. Jadi, pasangan ini dinyatakan TMS,” kata Ketua KPU Kabupaten Mimika Theodora Ocepina Magal dalam rapat pleno penetapan tersebut.

Selain itu, KPU Kabupaten Mimika juga menyatakan dua bakal pasangan calon (paslon) lainnya dari jalur independen atau perseorangan yang tidak memenuhi syarat (TMS) menjadi peserta Pilkada Serentak Tahun 2018 di Kabupaten Mimika.

Kedua bakal pasangan calon dari jalur perseorangan, yang disebutkan tidak memenuhi syarat atau TMS itu adalah pasangan Philipus Wakerwa – H. Basri (PhilBas) dan Maria Florida Kotorok – Yustus Wai (MariUs).

“Jadi, kedua bakal pasangan calon baik  PhilBas dan MariUs itu tidak memenuhi syarat (TMS) terkait dukungan suara minimal,” kata Theodora Ocepina Magal.

Sekedar diketahui, pada Pilkada Serentak Tahun 2018 di Kabupaten Mimika ada tujuh bakal pasangan calon yang mendaftar di KPU Kabupaten Mimika.

Enam diantaranya merupakan pasangan calon independen, yakni Hans Magal-Abdul Muis (Ham), Mus Pigai-Allo Rafra (Musa), Robertus Waropea -Alberth Bolang (RnB), Petrus Yanwarin-Alpius Edowai (Petraled), sedangkan dua pasangan calon jalur perseorangan lain, yaitu Philipus Wakerwa-H Basri (Philbas) dan Maria Florida Kotorok-Yustus Wai (Marius) yang dinyatakan tidak lolos.

Sementara bakal pasangan calon yang menggunakan jalur partai politik (Parpol) adalah pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati petahana Eltinus Omaleng-Johanes Rettob (Om-Tob). (Irfan/Koran Harian Pagi Papua))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here