Pengukuhan Pjs Bupati Puncak dan Biak Tunggu SK Mendagri

0
15
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal.
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, saat diwawancara. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal memastikan dalam waktu dekat akan kembali mengukuhkan dua Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Puncak dan Biak Numfor, usai mengantongi Surat Keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Hal demikian disampaikan Wagub Klemen, saat diwawancara pers dalam satu kesempatan, di Kantor Gubern Dok II Jayapura.

“Pengukuhan pejabat sementara bupati tinggal dua wilayah, yakni Puncak dan Biak. Pelaksanaannya dalam waktu dekat atau tinggal menunggu SK dari Mendagri. Kalau Jayawijaya dan Mamberamo Tengah sudah ada SK-nya sehingga langsung kita kukuhkan. Karena tidak mau ada kekosongan,” ujar dia.

Sebelumnya, Sekda Papua Hery Dosinaen mengatakan, pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak 2018 di bumi cenderawasih, digelar pada tujuh kabupaten itu, yakni Mimika, Paniai, Deiyai, Mamberamo Tengah, Biak, Puncak serta Jayawijaya.

Dari tujuh kabupaten tersebut, Pemprov mengusulkan empat pejabat sementara bupati, karena  tampuk pemerintahan di tiga kabupaten sisanya, diisi wakil bupati yang tak ikut dalam pesta demokrasi lima tahun sekali itu.

Dia tambahkan, untuk empat kabupaten yang akan diturunkan pejabat sementara bupati, yakni Kabupaten Mamberamo Tengah, Puncak, Jayawijaya dan Biak.

Sementara berkenaan dengan pelaksanaan Pilkada di tujuh kabupaten, Sekda mengimbau seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk fokus pada tupoksi masing-masing serta tak terpengaruh memberikan dukungan terhadap salah satu calon tertentu.

Pihaknya juga mengimbau agar ASN tak menjadi tim sukses maupun tim kampanye karena berlawanan dengan Undang – Undang.(Erwin / Koran Harian Pagi Papua)