Pemprov  Papua Puji ASDP Kabupaten Jayapura

0
59
Asisten Setda Papua Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakya, Elia Loupatty. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)
Asisten Setda Papua Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakya, Elia Loupatty. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Pemerintah Provinsi Papua memuji keberadaan Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di Sentani, Kabupaten Jayapura, yang dinilai sangat maksimal dalam mendukung transportasi masyarakat.

Menurut Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua, Elia Loupatty, ASDP merupakan angkutan yang sangat efisien dan murah bagi masyarakat. Oleh karenanya, dia mengimbau seluruh kabupaten/kota di bumi cenderawasih agar dapat mengembangkan jenis angkutan ini di wilayahnya.

“Sebab sekali lagi keberadaan ASDP ini untuk menyelesaikan keterisolasian pada wilayah-wilayah tertentu. Karenanya, saya nilai pada jalur-jalur tertentu di beberapa wilayahnya, ASDP perlu dikembangkan supaya bisa membantu masyarakat dalam hal transportasi,” terang dia di Jayapura, pada kemarin.

Dia katakan, keberadaan ASDP ini diyakni dapat menjadi bagian dari penyelesaian keterisolasian pada beberapa wilayah Papua. Karena itu, pemerintah daerah diminta untuk mulai mengembangkan ASDP, termasuk menguundang pihak swasta untuk ikut berinvestasi di bidang ini.

“Karena jika ASDP ini dikelola dengan baik saya yakin bisa memberikan pemasukan yang tak sedikit. Hanya patutu kita akui bahwa sampai sekarang ini ASDP yang ada hampir tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai”.

“Untuk itu, saya harap instansi terkait bisa bergerak cepat menangkap paluang ini. Karena ASDP ini berada dalam lingkup Dinas Perhubungan Provinsi Papua serta kabupaten dan kota,” ucap dia.

Sementara berkenaan dengan kegiatan, Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Penyusunan Pagu Kebutuhan Rencana Kerja dan Anggaran 2019, dia berharap dapat dipastikan program dan kegiatan yang akan diselenggarakan oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten.

Selanjutnya,  mengkoordinasikan kedalam satu kebijakan yang diharapkan berpihak kepada masyarakat.

“Sebab kita butuh lakukan satu terobosan pernting yang juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga saya harap dalam rapat ini salah satu hal dibahas adalah ASDP untuk menunjang transportasi bagi masyarakat di pedalaman,” pungkasnya. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)