Bupati Costan Oktemka  Pantau  Pembangunan  Ruas  Jalan Pegubin – Keerom

0
637
Bupati Costan Oktemka, S.IP didampingi staf PU dan Bappeda Pegunungan Bintang melakukan pemantauan langsung di perbatasan kabupaten Keerom dan Pegunungan Bintang tepatnya di Distrik Yetfa. (ISTIMEWA)
Bupati saat bersama masyarakat. (ISTIMEWA)

PEGUBIN (LINTAS PAPUA)  – Untuk memastikan dari dekat pembangunan jalan darat dari arah keerom menuju distrik Yetfa Kabupaten pegunungan Bintang, maka Bupati Costan Oktemka, S.IP didampingi staf PU dan Bappeda Pegunungan Bintang melakukan pemantauan langsung di perbatasan kabupaten Keerom dan Pegunungan Bintang tepatnya di Distrik Yetfa.

Usai melakukan pemantauan, Bupati Pegunungan Bintang, Costan Oktemka, S.IP.,  mengatakan pihaknya bersyukur karena jalan tersebut akan mempermudah akses mobilisasi barang dan memperpendek jangkauan ke Distrik Yefta dari arah keerom.

“Karena pembangunan jalan tersebut merupakan kebutuhan mendesak dan sangat dibutuhkan masyarakat di distrik yang berbatasan langsung dengan keerom juga masyarakat pegunungan bintang pada umumnya. Sebab jika jalan tembus sudah masuk di wilayah utara maka akan mempermudah semua kebutuhan masyarakat di wilayah gunung.” Ungkap Bupati.

Dijelaskan oleh Bupati bahwa pembangunan jalan sudah menuju kampung yetfa ibukota distrik Yetfa dan akan tembus distrik dengan melewati 3 (tiga) KM.

“Berharap 3 KM yang belum dikerjakan dapat diselesaikan dalam tahun ini. Sebab jalan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah tersebut.” Jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga meminta kepada masyarakat setempat untuk memberikan jaminan keamanan kepada para pekerja jalan tersebut, karena dengan jaminan keamanan maka jalan tersebut dapat dikerjakan secepatnya untuk dimanfaatkan masyarakat.

Bupati Costan Oktemka, S.IP didampingi staf PU dan Bappeda Pegunungan Bintang melakukan pemantauan langsung di perbatasan kabupaten Keerom dan Pegunungan Bintang tepatnya di Distrik Yetfa. (ISTIMEWA)

“Saya mohon para tua-tua dari distrik untuk memberikan jaminan keamanan kepadaperusahaan yang mengerjakan jalan ini. Sebab jalan yang dibangun ini demi kepentingan masyarakat di wilayah ini. Jalan palang atau menghalangi pekerjaan pembangunan jalan ini. Juga saya sampaikan terima kasih kepada perusahaan yang mengerjakan jalan ini. Semoga Tuhan menyertainya dalam merampungkan jalan ini untuk diakses masyarakat.” Salutnya.

Pada kesempatan kunjungan tersebut salah satu Tokoh Masyarakat,  Paulus Kri mewakili warga Distrik Yetfa menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati Pegunungan Bintang yang peduli dengan masyarakat di distrik Yetfa, sehingga sempatkan waktu datang berkunjung kesini dan melakukan dialog dengan masyarakat secara terbuka.

“Hal ini kerinduan lama yang dijawab hari ini. Karena kami masyarakat yang tertinggal dan terbelakang, selama 14 tahun kami tidak pernah mendapat kunjungan juga tidak pernah ada perhatian termasuk pembangunan jalan. Tapi hari ini dengan kehendak Tuhan Bupati Pegubin datang lihat langsung masyarakat di kampung ini merupakan satu hal yang sangat luar biasa.” salut Paulus serius.

Bupati saat bersantai bersama masyarakat. (ISTIMEWA)

Diceritakan Paulus Kri di depan Bupati bersama rombongan bahwa,  karena jalan darat belum dibangun waktu itu pihaknya bersama beberapa teman berjalan kaki berhari-hari sampai tiba di Jayapura untuk melanjutkan pendidikan.

“Selama ini masyarakat melakukan perjalanan ke jayapura andalkan jalan setapak di hutan. Sampai menghabiskan waktu yang cukup lama hingga di perjalanan sampai tiba di Jayapura. Namun bersyukur kepada Tuhan dan sampaikan terima kasih kepada Bupati Pegubin atas kepeduliaannya, sehingga tahun lalu arahkan pembangunan di arah keerom menuju Yetfa. Hal ini kami sambut sangat positif dan sangat berterima kasih kepada Bupati.” Salutnya.

Dibangunkannya jalan tersebut masyarakat secara spontan menyampaikan Bupati Costan untuk melanjutkan jilid kedua, karena program pembangunan sedang dirasakan masyarakat kecil terutama masyarakat distrik Yetfa.

“Hari ini kami masyarakat Distrik Yetfa nyatakan sikap untuk Bapak Costan lanjutkan dua periode. Ini murni aspirasi kami. Karena dulu kami susah sekali dengan akses jalan untuk keluar masuk kota, namun berkat Pak Costan jalan ini bisa dibangun sampai di distrik kami. Kami dukung penuh untuk dua periode.” Sambut masyarakat serempak. (humas PB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here