BKKBN Papua Gelar Pemantapan Program KKBPK

0
703
Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Philmona M. Yarollo. S.Sos, M.Si. (Fransisca/LintasPapua.com)
Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Philmona M. Yarollo. S.Sos, M.Si. (Fransisca/LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pertemuan pemantapan penganggaran program KKBPK bersama mitra Provinsi Papua diadakan Oleh BKKBN Provinsi Papua, Kamis(15/2/2018).

Kegiatan  bertempat di Hotel @Hom Tanah hitam Jayapura, 60 undangan sebagai mitra BKKBN dari OPD terkait, BEM mahasiswa dan Dosen, aktivis Kependudukan.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN, Sarwandi, SE. (Fransisca/LintasPapua.com)

Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Philmona M. Yarollo. S.Sos, M.Si.,  dalam   sambutan mewakili kepala  BKKBN Provinsi Papua menyampaikan,  Kondisi Kependudukan di Papua pada era dekade Masa sebelum Reformasi sudah sangat berbeda dengan kondisi pada era saat ini.

“Papua mengalami transisi: diantaranya yaitu angka kematian yang menurun, angka harapan hidup meningkat. angka kesertaan dan partisipasi pendidikan meningkat, tingkat daya beli masyarakat juga mengalami peningkatan, sehingga IPM Papua dari tahun ke tahun juga terus,” katanya.

Ditambahkan, bahwa menunjukkan peningkatan, walaupun dalam peningkatannya masih dibawah  dari provinsi lain di Indonesia.

Selanjutnya, sejalan dengan jiwa dan semangat otonomi daerah, sesuai UndangUndang Nomor: 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka kerja sama dengan mitra kerja di daerah menjadi hal yang penting.

Salah satu peran yang diharapkan dari mitra kerja di daerah adalah turut berperan aktif dalam pemetaan masalah-masalah kependudukan.

Selanjutnya, hasil pemetaan masalah kependudukan yang dilakukan tersebut diharapkan dapat menjadi masukan bagi pemerintah daerah provinsi, kabupaten, atau kota dalam menyusun kebijakan pembangunan yang berwawasan kependudukan.Penyediaan informasi data kependudukan yang valid dan akurat ini sebagai dasar bagi Organisasi Perangkat Daerah (DPD) Tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan tingkat kewenangannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang berkaitan dengan aspek-aspek dari kebijakan pemerintah daerah dan pembangunan bidang sosial, ekonomi,  politik, pertahanan keamanan, daya dukung dan daya tampung lingkungan.

“Demikian beberapa hal yang bisa saya sampaikan, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan mitra kerja BKKBN yang selama ini sudah membantu dan berperan aktif dalam penggarapan Program KKBPK di Papua,” katanya.

Sementara itu,  Kepala Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN, Sarwandi, SE, menuturkan, bahwa penggarapan program KKB di Papua, intinya adalah untuk memperkuat kegiatan yang di lakukan Oleh BKKBN, yang tiga bulan pembetukan dan ketahanannya kita akan sampaikan dengan jelas.

“Sehingga program KKBPK di Papua ini bisa melembaga sampai di tingkat daerah, kami mengundang mitra BKKBN untuk menindak lanjuti, sebagai kepanjangan tangan BKKN dalam menyampaikan program KKBPK di Papua, program KKBPK ini terkait dengan kesehatan ibu, kesehatan anak, kualitas generasi kita yang akan datang, sehingga kualitas generasi Papua itu terkait dengan pendidikannya. Kita juga berharap bisa mendapat masukan dari peserta, apa saja yang Sudah terjadi di Papua ini berkaitan dengan program KKBPK,” tandasnya. (Fransisca  / LintasPapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here