Wakapolda Papua, Brigjen Pol Yakobus Marjuki, saat diwawancara. (Rambat/HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Wakapolda Papua, Brigjen Pol Yakobus Marjuki mengatakan jika Polda Papua siap melaksanakan pengamanan saat penetapan bakal pasangan calon gubernur-wakil gubernur dan bupati-wakil bupati di tujuh kabupaten di Papua, 12 Februari 2018, hari ini.

“Menghadapi penetapan calon gubernur dan bupati, 12 Februari, kami sudah siapkan kerawanan apa saja yang dapat menggangu proses ini. Kami juga sudah siapkan pengamanannya,” tegas Brigjen Marjuki.

Menurutnya, untuk pengamanan penetapan bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Papua, akan dilakukan oleh Karo Ops Polda Papua dan pengamanan penetapan bupati dan wakil bupati oleh setiap Polres yang melaksanakan pilkada.

“Kami sudah ingatkan khususnya, Timika, Jayawijaya, Puncak dan Mamteng. Ini ada potensi kerawanan, sehingga kami siapkan antisipasi,” tegasnya.

Namun, kata Wakapolda Marjuki, untuk penetapan pasangan bakal calon pilgub Papua, tengah dibicarakan dengan berbagai pihak, termasuk KPU Papua.

“Pertemuan itu kan ada kaitannya dengan penetapan pilgub Papua. Kami hanya ingatkan yang penting semua secara demokratis, hindari hal-hal saling menjatuhkan dan dilakukan secara bermartabat. Personel yg dikerahkan saat pengumumnan tergantung situasinya,” katanya.

Yang jelas,  lanjut Wakapolda, pengamanan akan dilakukan di kantor pemerintah, kantor gubernur, KPU, Bawaslu.

Ditambahkan, jika melihat potensi ancamannya besar, pihaknya tentu akan menambah jumlah personel yang diturunkan dalam pengamanan tersebut.

“Tapi sejauh ini belum ada ancaman berarti dan penetapan cagub Papua, karena verifikasi keaslian belum dilaksanakan dan kedua pihak sepakat penjadwalan ulang,” pungkasnya. (bat/ab/Koran Harian Pagi Papua)