Terkait Tahapan Pilkada, Belum Ada Titik Temu KPU dan DPR-P

0
352
Yunus Womda
Ketua DPR Papua, Yunus Wonda  (Rambat/HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Pertemuan dengan KPU Papua bersama DPR Papua, MRP dan Polda Papua yang berlangsung di ruang Banggar DPR Papua, Kamis (8/2) kemarin, tampaknya belum menemukan titik terang.

Usai rapat, Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan bahwa masih ada ruang untuk konsultasi ke pusat, yakni KPU RI.

“Teman-teman KPU Papua akan konsultasi KPU RI untuk bagaimana tahapan Pilgub yang akan kita laksanakan ini, supaya ke depan tidak ada saling mencurigai, tetapi bagaimana kita melaksanakan semua tahapan bisa berjalan dengan baik,” kata Yunus Wonda.

Yang jelas, DPR Papua memberikan kesempatan kepada KPU Papua untuk melakukan konsultasi kepada KPU RI terkait pelaksanaan Pilgub Papua.

“Saya kasih kesempatan kepada teman-teman KPU Papua untuk konsultasi dulu ke pusat, dengan tahapan yang sudah disepakati sehingga kami tunda untuk pertemuan lagi di DPR Papua, Jumat (9/2) pukul 12.00 WIT,” ujarnya.

Pertemuan hari ini, lanjut Yunus Wonda,  untuk mencari kesepakatan setelah KPU Papua menyurat ke KPU RI untuk meminta arahan selanjutnya seperti apa dalam pelaksanaan Pilgub Papua.

Ditanya dalam pertemuan itu apakah belum ada kesepakatan terkait jadwal Pilgub Papua? Yunus Wonda tampaknya membenarkan.  “Belum ada,” ujarnya singkat.

Soal KPU Papua tetap bersikukuh dengan jadwal bahwa pada 12 Februari 2018 akan melakukan penetapan calon gubernur dan wakil gubernur Papua? Yunus Wonda mengakui hal itu tidak menjadi masalah.

Sebab, kata Yunus Wonda, hal itu merupakan ranahnya KPU Papua. “Itu tidak jadi masalah. Itu ranahnya KPU,” tandasnya.

Yang jelas, tegas Yunus Wonda, pihaknya hanya melaksanakan apa yang diamanatkan  kepada dewan dan MRP.

“Karena memang kalau kita lihat, KPU tetap melaksanakan, persoalan ke depan tentu akan ada dampak-dampak proses hukum dan lainnya pasti akan dilaksanakan, karena amanatnya jelas bahwa MRP dan seterusnya, ke DPR Papua,” paparnya.

Namun, Yunus Wonda menegaskan bahwa DPR Papua dan MRP berkomitmen untuk tetap mensukseskan pelaksanaan Pilgub Papua tahun 2018.

Soal molornya jadwal penetapan calon gubernur, Yunus menambahkan jika penetapan calon itu hanya persoalan waktu saja.

Sebelumnya, dalam pertemuan ini, dihadiri juga Ketua Pansus Pilgub DPR Papua, Thomas Sondegau bersama anggota Pansus, Ketua KPU Papua, Adam Arisoy bersama anggotanya, Musa Yoseph Sombuk dan Beatrix Wanane dan perwakilan dari MRP, Tonny Wanggai,(Rambat/ab/Koran Harian Pagi Papua)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here