Paniai Raih Peringkat LPPD Terendah, Bupati Hengky Kayame Akan Evaluasi OPD

0
694
Penyerahan LPPD oleh Gubernur Papua kepada para perwakilan bupati di Papua, kemarin, di Gedung Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura. (Dok. Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Pemerintah Provinsi Papua baru-baru ini mengumumkan peringkat hasil penyampaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) 2016 dimana Kota Jayapura mendapat skor tertinggi, sementara Kabupaten Paniai yang terendah.

Walikota Jayapura Benhur Tommy Mano menyebut keberhasilan meraih peringkat tertinggi karena pihaknya meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bekerja keras agar pelaporan LPPD.

Sementara  Bupati Kabupaten Paniai, Hengky Kayame menyampaikan pembelaan diri terkait pemeringkatan dari Pemprov Papua.

Menurut dia, peringkat terendah yang diraih Kabupaten Paniai tak lepas dari kesalahan dua OPD, yakni Dinas Pendidikan dan Dinas Pengelolaan Keuangan yang telat menyampaikan pelaporan data penyelenggaraan pemerintahan.

“(Kabupaten Paniai dapat peringkat terakhir) karena kesalahan dari dinas pendidikan dan keuangan. Makanya kita pada akhirnya mendapat peringkat paling bawah,” terang dia di sela-sela Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Papua, Kamis (8/2) di Jayapura.

Kendati demikian, Bupati menyebut akan melakukan evaluasi secara besar-besaran di seluruh OPD yang dipimpinnya. Dengan harapan pada tahun mendatang, penyampaiannya menjadi lebih baik dan tepat waktu.

“Yang pasti hasil tahun ini akan menjadi pelajaran buat kita agar berbenah di masa mendatang. Dan tentunya mulai tahun depan kita akan berbuat yang terbaik supaya bisa meraih hasil lebih maksimal,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua menetapkan Kota Jayapura, sebagai daerah terbaik dalam pelaksanaan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah 2016.

Dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur Papua No. 188.4/338/2017 tentang penetapan peringkat dan status kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah kabupaten dan kota 2016, Kota Jayapura meraih skor tertinggi dengan 3,4001 dengan kedudukan dalam tim sangat tinggi.

Menyusul Kota Jayapura pada peringkat kedua adalah Kabupaten Mimika (3.0876), Merauke (3.0699), Kepulauan Yapen (3.0635), Biak Numfor (3.0418), Jayawijaya (3.0377) dan Keerom (3.0266) dengan kedudukan dalam tim seluruhnya sangat tinggi.(Erwin  / Korna Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here