CRC Gelar Seminar  Pendidikan Politik dan Deklarasi Pilkada  Damai 2018

0
142
Suasana Seminar Pendidikan Politik di Aula Uncen Abepura. (ISTIMEWA /Michael Jhon Yarisetouw)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, menghadiri Seminar Pendidikan Politik dan Deklarasi Pilkada Papua Penuh Damai (PAPEDA) yang diselenggarakan oleh Cenderawasih Reading Center bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua dan Universitas Cenderawasih.

Kegiatan seminar yang bertajuk ”Cerdas Politik, Damai Demokrasi, Papua Penuh Damai” itu berlangsung di Auditorium Uncen Jln. Raya Abepura Kel.Kota baru Distrik Abepura, Kamis (8/2/2018).

Adapun Seminar Pendidikan Politik PAPEDA dimaksud bertujuan memberikan pemahaman politik kepada mahasiswa jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Tahun 2018, sehingga diharapkan Pilgub Papua bisa berjalan dg baik, aman dan damai.

Dalam kesempatannya, Kapolda menyampaikan bahwa dalam hal pesta Demokrasi, adapun tugas-tugas keamanan oleh jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) diatur oleh hukum untuk menjadi penjaga Demokrasi di negara Republik Indonesia.

Sementara itu, ia mengajak,  hadirin serta seluruh masyarakat Papua agar merefleksikan ulang pengalaman dari Pilkada 2017 lalu.


“Pada Pilkada Tahun 2017 masih ada 5 Kabupaten yang menjadi masalah yang berakhir pada PSU yang tidak identivisial dari pihak penyelenggara dan ada beberapa kejadian menonjol pada pilkada Tahun 2017 antara lain di Kab. Intan Jaya, Puncak Jaya, Lanny Jaya, Tolikara dan Kep. Yapen dan ini menjadi catatan – catatan pada Pilkada Tahun 2017,” tutur Boy.

Dirinya juga menyampaikan,  apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak penyelenggara atas terlaksananya seminar tersebut dengan harapan agar pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 ini berjalan dengan baik dan tetap damai.

“Seminar pendidikan Politik dan Deklarasi Pilkada Papua Penuh damai ini sangat bagus agar bisa bergulir dan sampai pada masyarakat kita pada saat pesta demokrasi Tahun ini,” pungkasnya.

Bahkan, ia menuturkan tentang kesiapan jajarannya untuk bersinergi dengan GAKUMDU serta seluruh pihak demi terwujudnya kedamaian dalam menyongsong Pesta Demokrasi 2018 ini.

Suasana Seminar Pendidikan Politik di Aula Uncen Abepura. (ISTIMEWA /Michael Jhon Yarisetouw)

“Kita harus bersinergitas dengan GAKUMDU dalam rangka Pilkada Tahun 2018 agar tidak terjadi kecurigaan – kecurigaan dan ketidak puasan pada Pilkada serentak,” tuturnya.

Dalam menangani tindakan yang berpretensi “memprovokasi” selama masa tahapan persiapan hingga pelaksaan Pilkada, Boy menjelaskan tindakan konkritnya untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan dengan membentuk Satgas Anti Hoax Polda Papua bersinergi dengan Pemerintah Daerah serta TNI.

“Aksi nyata Polda Papua dalam mendukung pemerintah Daerah adalah membentuk Satgas Anti Hoax Polda Papua dalam rangka antisipasi kejahatan dunia maya dan kampanye Hitam pada saat pilkada serentak Tahun 2018. Kami Aparat keamanan dari TNI – POLRI selalu bersinergitas dalam pengamanan Pilkada serentak di Seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Tambah Boy, pihaknya telah melakukan berbagai pendekatan dengan berbagai pihak dalam menyambut Pesta Demokrasi Tahun, diantaranya telah menggelar Doa Bersama dengan semua Tokoh Agama, FKUB, dan PGGD agar menjaga dan tidak menjadikan Konflik pada saat pilkada berlangsung, dan juga telah melakukan Komitmen bersama: Pilkada Damai tahun 2018 di Provinsi Papua.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa, SE, Ketua KPU Prov. Papua Adam Arisoi, SE, Dir Binmas Polda Papua Kombes Pol Andi Heru Santo, SH, MH, SST, Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav Robby Urbinas, SH, S.IK, Dandim 1701 Jayapura Letkol Inf Nova Ismailyanto, S.IP, Rektor Universitas Cenderawasih Dr. Ir. Apolo Safanto, ST, MT, Kapolsek Abepura AKP Dionisius Vdp Halan, S.IK, Danramil 1701 – 03/ Abepura Lettu Caj Haggar Samon dan Kordiv Pengawasan, Pencegahan dan hubungan antara lembaga Bawaslu Provinsi Papua Anugrah Pata, SH.

 

Sementara itu,  Direktur Cenderawasih Reading Center (CRC), Michael Jhon Yarisetouw mengucapkan, banyak  Terima kasih Bapak Ketua KPU, Bapak Kapolda Papua, Bapak Kasdam XVII/Cenderawasih, Komisioner Bawaslu (Abang Anugerah Patah-Alumni Uncen, Hukum 2003) dan Staf KSP yang berkenan harir memberikan materi dan bersama-sama Mahasiswa mendeklarasikan Pilkada PAPEDA.

“Mari cerdaskan Masyarakat dalam berpolitik, Agar Pilkada serentak tahun 2018 dan juga seterusnya di Papua berjalan damai dan penuh sukacita melahirkan Pemimpin-Pemimpin Papua yang berintegritas dan mau melayani Papua. Mari kita kawal bersama,” ujar Michael Jhon Yarisetouw.

Diakui,  Kegiatan Seminar Pendidikan Politik dan Deklarasi Pilkada Papua Penuh Damai, diselenggarakan oleh organisasi yang saya bentuk sendiri sejak 28 Oktober 2017-Cenderawasih Reading Center (CRC). CRC bekerjasama sama dengan Universitas Cenderawasih untuk terselenggaranya kegiatan. Kegiatan ini juga didukung oleh Polda Papua, Kodam XVII/Cenderawasih, KPU Provinsi Papua dan Bawaslu Provinsi Papua.

 

“Ide Kegiatan ini pun saya konstrukti sendiri dan kerjakan sendiri bersama semua Volunteer CRC dibantu oleh Sekretaris Panitia-Leo Himan dan Bendahara Panitia-Yoan A. Wambitman dan juga adik-adik Pimpinan Mahasiswa,  kegiatan ini punya tujuan hanya agar Pilkada Papua itu Damai dan Pemilih Bijak dalam Menentukan Pilihan Politiknya, terutama Pemilih Pemula,” tandasnya. (Eveerth Joumilena)