Seleksi Skuad Persipura, Piter Butler Coret Tujuh Pemain

455
Para pemain mendengarkan arahan dari pelatih Peter Butler di Stadion Mandala Jayapura Kamis (08/02/2018). (Geis Muguri / Koran Harian Pagi Papua)
Para pemain mendengarkan arahan dari pelatih Peter Butler di Stadion Mandala Jayapura, Kamis (08/02/2018). (Geis Muguri / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Pelatih Persipura, Peter Butler harus bekerja keras untuk segera mendapatkan skuad Matiara Hitam mengadapi kompetisi Liga I yang akan bergulir maret 2018. Pelatih asal Inggris ini, harus kembali memangkas sebanyak enam pemain dari hasil seleksi bebarapa waktu lalu. Mereka adalah Rian Ayomi, Fridelis Yoku, Yesaya Kogoya , Nyoman Ansanay , Yosua Meraudje dan  Cesa Yarangga.

Pengurangan ini dilakukan usai pelatih mengamati secara langsung perkembangan masing-masing pemai dalam game yang dilakukan dengan melibatkan pemain senior yang juga sudah bergabung dengan tim. Sementara pemain hasil seleksi yang masih bertahan adalah, Tom Yoku, Diego Werbabkay, Sius Patay, Papua Komboy, Ronaldo Wanma, Rein Sokoy, Marcel Kararbo, Daniel Asmuruf, Murits Hamadi, Gunansar Mandowen dan  Yusak Awi. “hari ini hari yang panjang. Kita melakukan dua kali sesi latihan. Pasti pemain ada sedikit capek.” Ujarnya, Kamis (8/2/2018).

Pelatih Persipura,  Peter Butler. (Geis Muguri / HPP)

Ia menambahkan, senang dengan pemain yang ada. Karena masih banyak pemain yang punya kualitas dalam tim Persipura. Imanuel Wanggai yang baru saja bergabung setelah  beberapa waktu cedera, masih punya kualitas. “Dia seperti Gatuso nya Indonesia, dengan kemampuannya dia bisa membantu pemain muda yang lainnya,” katanya.

Disinggung terkait dengan pemusatan latihan di Batu Malang, Peter Butler mengaku masih menunggu keputusan manajemen. “Kita masih menunggu keputusan dari pengurus, untuk saya tidak ada masalah saya senang disini ikut latihan disini no problem tidak ada masalah, kemungkinan kendala  hanya di uji coba,” ungkapnya.

Ia menambahkan, minggu depan kalau tidak ada kendala dua calon pemain asing akan tiba di Jayapura. “Sudah satu minggu saya disini dan sudah melihat bagaimana kemampuan pemain kita . Kita sangat perlu uji coba kalau pun itu di Solo, Jogja atau di Malang,” jelasnya.

Sementara itu, dari postingan admin Akun Facebook Grup Persipura Official, yakni melalui akun facebook, Syaiful Ahmad Paembonan mengatakan, bahwa seleksi pemain muda di Persipura Jayapura masih terus berlanjut dan besok sabtu (10/02/2018) sore memasuki fase terakhir.

Ian Kabes dan Tinus Pae, saat menjalani latihan di lapangan Mandala. ((Foto Facebook Syaiful Ahmad Paembonan‎ /Grup Persipura Official)

Ternyata dalam latihan tadi ada 13 pemain muda yang lolos yaitu Diego Werbabkay, Sius Patai, Papua Komboy, Ronaldo Wanma, Rein Sokoy, Marcel Kararbo, Daniel Asmuruf, Maurits Hamadi, Gunansar Mandowen, Yusak Awi, Patrik Womsiwor, Efraim Awes dan Josua Meraudje.

Dibawah bimbingan Head Coach Persipura Jayapura Peter Butler, besok sore ia akan mengambil keputusan untuk mengurangi pemain seleksi lagi kurang lebih 4 atau 5 pemain.

“Sore ini ada 13 pemain pemain muda hasil seleksi yang ikut latihan, dan saya fikir besok sore pencoretan lagi 4 atau 5 pemain, karena dari mereka sedikit kurang maksimal,” jelas Peter saat perjalanan ke Hotel usai latihan tadi.

Boaz Solossa, saat menjalani latihan di Mandala. (Foto Facebook Syaiful Ahmad Paembonan‎ /Grup Persipura Official)

Peter mengakui bahwa pemain muda yang akan di coret besok bukan karena mereka kurang maksimal dalam latihan saja tetapi harus mengikuti kuota kebutuhan tim nanti.

Seperti yang diketahui total pemain yang tersisa ada 14 yaitu Ricardo Salampessy, Elisa Basna, Israel Wamiyau, Immanuel Wanggai, Ian Kabes, Yustinus Pae, Friska Womsiwor, Alvian Sanyi, Dede Sulaiman, Andri Ibo, Muhammad Tahir, Yohanis Tjoe, Kelvin Rumakek dan Boaz Solossa sedangkan tambahan ada 6 pemain adalah Elvis Rewang, Boaz Attaruri, Viktor Pae, Revaldo Fere, Agus Kogoya dan Pape Ndaw (pemain asing) kemudian minus 2 kiper dan minus pemain asing non asia 2 + 1 asia.

Peter juga menambahkan apabila besok ada pemain yang di coret dibawah umur 19 atau pas 19 bisa masuk ke Persipura U19 sedangkan yang lebih bisa kembali ke klubnya untuk berlatih lagi.

Pelatih Persipura saat memberikan instruksi dilapangan. (Foto Facebook Syaiful Ahmad Paembonan‎ /Grup Persipura Official)

“Saya suka pemain muda, dan ada banyak pemain yang mencuri perhatian saya karena mereka semua secara kesuluran saat latihan mereka berkualitas, tetapi besok pencoretan harus saya lakukan karena ini kebutuhan tim, dan kalau ada yang saya coret umurnya 19 kebawah mungkin bisa masuk ke Persipura u19 tetapi kalau lebih umur mereka bisa kembali ke klubnya dan berlatih disana” tandasnya. (Geis Muguri / Koran Harian Pagi Papua)