Jangan Percaya Calo, Pemkot Jayapura Gratiskan Pengurusan Dokumen Kependudukan

0
85
Suasana pengurusan dokumen kependudukan di Kantor Disdukcapil Kota Jayapura.  (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)
Suasana pengurusan dokumen kependudukan di Kantor Disdukcapil Kota Jayapura.  (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Warga Kota Jayapura disarankan untuk tidak lagi menggunakan jasa pihak ketiga atau calo dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura.

 

“Jangan mempersulit diri sendiri uruslah dokumen kependudukan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Pengurusan e-KTP,  kartu keluarga dan lain-lain itu gratis, untuk itu hindarilah calo,” imbau Merlan, Rabu (7/2/2018).

 

Dengan tidak dipungut biaya itu, Merlan berharap agar warga tidak lagi malas dalam mengurus dokumen kependudukan. “Meskipun gratis, kami berkomitmen untuk mempercepat proses pengurusan dokumen kependudukan itu. Bahkan kami sudah lakukan layanan online untuk memudahkan warga Kota Jayapura,” ungkapnya.

 

Menurutnya, apabila melibatkan calo maka warga harus mengeluarkan biaya tambahan. Sedangkan semua pengurusan1 dokumen kependudukan itu dilakukan secara cuma-cuma atau gratis.

 

Untuk itu, ia menyarankan agar warga mengurusnya sendiri di Kantor Dispendukcapil Kota Jayapura. Ia juga menegaskan agar warga dapat melaporkan langsung jika ada pegawainya yang memungut biaya tanpa adanya kejelasan.

 

“Warga yang tidak menggunakan calo senantiasa sadar administrasi dokumen kependudukan. Saat ini mengurus administrasi kependudukan sudah cepat, mudah, tepat dan tidak dipersulit,” tandasnya.

Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM, saat menyampaikan sambutannya. (Fransisca/LintasPapua.com)

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano,MM.,  selama masa kepemimpinannya terus mendorong,  agar OPD  terkait terus berinovasi dalam melakukan pelayanan publik.

 

Penghargaan yang diberikan dari Kementerian Dalam Negeri kepada Wali kota Jayapura tentu merupakan sesuatu yang sangat membanggakan, karena memang tekad bulat Wali Kota BTM, untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat ,

Karena terhadap pemerintah kota Jayapura  dalam hal ini dinas kependudukan dan pencatatan sipil yang terus berinovasi, sehingga pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri kembali memberikan penghargaan

 

Penghargaan yang diberikan tersebut diterima langsung oleh Walikota Jayapura Pada momen rapat  koordinasi Nasional kependudukan dan pencatatan sipil tahun 2017. Sehingga dilakukan penilaian dan pemberian penghargaan kategori ” Dukcapil Hebat ” terhadap pengembangan inovasi dan besarnya dukungan kepala daerah

 

Penghargaan yang diberikan ini tentu dalam dalam upaya meningkatkan kualitas administrasi kependudukan, Karena Inovasi dan dukungan kepala daerah merupakan faktor kunci dalam mewujudkan target target capaian kinerja.

 

Untuk itu warga kota Jayapura harus bangga karena seorang kepala daerah dalam hal ini Walikota Jayapura mampu menorehkan sejumlah prestasi,  sehingga membawa kota Jayapura mempunyai nama di level nasional, dimana di tahun 2017 ini kota Jayapura berhasil mendapat penghargaan kategori”Dukcapil Hebat “. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)