KPU Jayawijaya Verifikasi Berkas Paslon Pada Empat Kota Berbeda 

0
59

WAMENA (LINTAS PAPUA)  –  Setelah melalui tahapan perpanjangan pendaftaran Pasangan calon dan partai politik yang telah di lakukan serentak oleh KPU Kabupaten Jayawijaya pada tanggal 19 hingga 21 Januari 2018, maka tahapan selanjutnya yang dilakukan KPU Jayawijaya ialah melakukan verifikasi berkas persyaratan lain dan untuk hal ini dilakukan di 4 kota berbeda.

Pembagian kelompok Verifikasi tersebut dipimpin langsung oleh masing-masing Komisioner KPU Jayawijaya, dimana untuk Verifikasi Wilayah Jakarta dipimpin langusung oleh Ibu Sarlota, Wilayah Jogja di pimpin langsung oleh Ketua KPU Jayawijaya Adi Wetipo, untuk Wilayah Surabaya di pimpin langsung Oleh, Bapak Markus Way, dan untuk Wilayah Jayapura di pimpin langsung oleh Bapak Welius Wetipo dan Bapak Effendi Pakpahan.

Ketua KPU Jayawijaya menjelaskan, pihak KPU Jayawijaya sedang melakukan Verifikasi guna memenuhi PKPU tentang syarat pasangan calon yang terbagi atas dua, baik itu syarat pencalonan yang sudah dilalui dan syarat berkas calon terkait laporan kesehatan, Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), dan ijasah pasangan calon dan lainnya.

“Kami da bagi Tim, karena pasangan calon Jhon Banua dan Marten Yogobi pernah sekolah di Yogja dan di Jawa, jadi kami tim yang turun langsung ditemani Panwas,” ungkap Ketua KPU Jayawijaya.

Adi menjelaskan, untuk timnya telah melakukan Verifikasi di Unversitas UGM Pasca Sarjana Yogyakarta, dan dari hasil Verifikasi yang dilakukan, pasangan Calon atas nama Marten Yogobi benar-benar pernah sekolah dan telah lulus di Unversitas UGM Pasca Sarjana Yogyakarta.

Komisioner KPU Devisi Sosialisasi dan SDM, Markus Way mejelaskan, setelah dibagi dalam empat kelompok dan ditugaskan pada empat kota berbeda, maka pihaknya sudah melakukan Verifikasi di Surabaya.

Dikatakan, kelompoknya melakukan verifikasi berkas ijasah pasangan calon Bupati Jayawijaya Jhon Banua pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Palapa Nusantara (STIE YAPAN).

Dikatakan, untuk memastikan berkas ijasah, pihaknyatelah melakukan verifikasi langsung di kampus dan bertemu langsung dengan Direktur Kampus Yapan, dan pihak Kampus telah membenarkan bahwa Jhon Banua pernah bersekolah dan sudah lulus dari STIE Yapan Surabaya.

Dalam melakukan Verifikasi berkas ijasah tersebut, pihak KPU Jayawijaya di dampingi langsung oleh Panwas Kabupaten Jayawijaya dan hasil itu sudah dilihat langsung oleh Panwas Kabupaten Jayawijaya.

Setelah semua Verifikasi berkas pasangan calon dilakukan yang di dasarkan pada PKPU Nomor 3 Tahun 2017, pihaknya akan kembali ke Kabupaten Jayawijaya dan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pleno penetapan.

Hal senada juga dikatakan langsung oleh Komisioner KPU Devisi Hukum, Welius Wetipo dan Komisioner KPU Devisi Logistik, Effendi Pakpahan.

Dikatakan Welius, KPU Jayawijaya telah membagi tim Verifikasi dalam 4 kelompok dan untuk Timnya ditempatkan di Jayapura guna melakukan Verifikasi berkas ijasah atas nama Jhon Banua dan Marten Yogobi.

Dari hasil Verifikasi yang dilakukan di Universitas Cenderawasi Jayapura, telah membuktikan bahwa pasangan calon Jhon Banua pernah kuliah dan telah lulus Sarjana S2 di Uncen Jayapura dan untuk Calon Wakil Bupati atas nama mMarten Yogobi pernah menyelesaikan sarjana S1 di Uncen dan telah menyelesaikan Sarjana S2 di Jogja.(ema/ab)