Pemprov Papua  Mulai Terapkan Aplikasi Absensi ASN di Website

0
287
Kepala Diskominfo Papua, Kansiana Salle, saat diwawancara (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

Kepala Diskominfo Papua, Kansiana Salle, saat diwawancara (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Untuk mendukung implementasi e-TPP (tunjangan penghasilan pegawai elektronik), Dinas Komunikasi dan Informatika Papua (Diskominfo) telah menerapkan sebuah aplikasi absensi pegawai atau aparatur sipil negara yang dapat diakses secara terbuka pada website pemerintah provinsi.

“Memang program e-TPP ini belum diluncurkan. Hanya sudah mulai diberlakukan pada organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemprov Papua. Aplikasi itu yakni absensi digital untuk pegawai saat jam masuk dan pulang kantor,” ujar  Diskominfo Papua, Kansiana Salle, di Jayapura, Senin (2/2) petang.

 

“Yang menarik adalah absensi ini bisa dilihat dab dipantau pada website Pemprov Papua. Sehingga absensi ini akan terintegrasi dengan aktivitas kerja,” jelas dia.

Sementara menyoal kesiapan SDM untuk mengaplikasikan e-TPP, lanjut dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk penyiapan tenaga-tenaga pendukung progam itu, bahkan sejumlah pelatihan pun telah dilaksanakan.

Sehingga untuk sisi teknisnya nanti akan dikelola oleh Dinas Kominfo sendiri, baik aplikasi maupun penyiapan jaringan hingga peralatan absensi.

“Soal SDM Dinas Kominfo sudah siap melaksanakan e-TP. Hanya memang harus ada pula laporan dari OPD sehingga seluruh data bisa dibandingkan, supaya hasil yang diterbitkan nanti bisa maksimal dan sesuai harapan,” terangnya.

Sementara ditanya mengenai program kerja Diskominfo tahun ini, menurutnya, masih akan melanjutkan program-program seperti yang telah dilaksanakan pada 2017 lalu. Termasuk dalam hal penyediaan alat teknologi informasi di instansi maupun organisasi lainnya

“Yang pasti untuk saat ini Diskominfo akan lebih berperan sebagai leading sektor program pencegahan korupsi terintegrasi. Namun kami tak mengabaikan tugas peningkatan teknologi informasi yang telah dilaksanakan beberapa tahun terakhir,” katanya.

“Oleh karenanya, saya berharap ada dukungan seluruh staf untuk mewujudkan semua program kerja yang telah dicanangkan. Sehingga seluruh tujuan dari program kerja itu sendiri, akan berjalan sebagaimana mestinya dan sesuai dengan harapan,” tutupnya. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)