KPU Keerom Berhasil Verifikasi Faktual Terhadap 6 Parpol

0
902
Tim Verifikasi Faktual Partai Politik di Keerom dipimpin Ketua KPU Keerom, Bonefasius Bao, SIP, MA, melakukan foto bareng dengan Pengurus Partai Gerindra Kabupaten Keerom, Arso Swakarsa usai melakukan ferivikasi factual, kemarin. (Arif / Koran Harian Pagi Papua)
Tim Verifikasi Faktual Partai Politik di Keerom dipimpin Ketua KPU Keerom, Bonefasius Bao, SIP, MA, melakukan foto bareng dengan Pengurus Partai Gerindra Kabupaten Keerom, Arso Swakarsa usai melakukan ferivikasi factual, kemarin. (Arif / Koran Harian Pagi Papua)

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Sesuai rencana, tim verifikasi Parpol dari KPU Keerom kemarin (31/1)                     melanjutkan verifikasi Parpol-Parpol yang ada di Keerom. Tim melakukan verifikasi terhadap enam Parpol pada kesempatan kemarin, yaitu PAN, Demokrat, PKS, PDIP, Gerindra dan Partai Golkar.

Ketua KPU Keerom, Bonafasius Bao SIP, MA, memimpin tim kali ini bersama komisoner KPU lainnya yaitu, Silvester Wogan dan Imawan Margono. Selain itu juga nampak komisioner dari Bawaslu Keerom, yaitu ketuanya, Niko Tujanan, Natalia Yonggom dan Yasser R.

Pada kesempatan pertama, tim melakukan verifikasi kepada DPC PAN Kab Keerom yang beralamat di Kampung Workwana, Distrik Arso, Keerom. Ketua DPC PAN, Kundrat Gusbager, Nampak bersama pengurus partai lainnya. Berturut-turut selanjutnya Partai Demokrat dengan Plt. Ketuanya, Bobirus Jikwa yang ditemui di Kampung Yamta, Arso PIR II.

Selanjutnya,  tim menuju Arso II, di Jalan Merpati, Yuwanain. Disini ada Sekrtariat PKS Keerom, dimana ada Ketuanya, Bambang Mujianto dan jajaran. Selanjutnya ke markas PDIP Keerom yang dipimpin Nahor Sibiar. Kemudian di Asyaman ada Hj. Bahara dan jajaran dari Partai Gerindra dan terakhir di Sanggaria menemui kader-kader Partai Golkar yang dipimpin Ketua Hariannya, Syahabuddin SP, MSi.

Usai kegiatan verifikasi, Ketua KPU Keerom, Bonefasius Bao, SIP, MA, kepada Harian Pagi Papua mengemukakan, setelah pendaftaran partai politik, maka KPU Keerom melaksanakan verifikasi faktual. ‘’Sebagaimana keputusan MK, maka KPU Keerom melaksanakan verifikasi factual terhadap 12 partai politik yang ada di Keerom. Dan pada hari ini sebanyak 6 partai kita lakukan verifikasi yaitu PAN, Demokrat, PKS, PDIP, Gerindra dan Partai Golkar,’’ungkapnya.

Ditambahkan bahwa proses verifikasi yang dilakukan sejak pagi hingga sore hari kemarin KPU Keerom memfokuskan pada 3 hal. ‘’Ada 3 hal yang kita perhatikan yaitu, verifikasi kepengurusan, verifikasi keterwakilan 30 persen wanita, alamat domisili kantor dan keanggotaan parpol.

‘’Sesuai PKPU tentang keanggotaan disebutkan apabila jumlah anggota Parpol 100 orang, maka 10 persen diambil sampelnya, sedangkan partai politik lebih 100 anggota, diambil 5 persen sampel, Selain itu ada kepengurusan partai di 50 persen wilayah kabuapten artinya karena di Keerom ada 11 Distrik maka minimal ada kepengurusan Parpol di 6 distrik,’’jelasnya.

Tentang hasil verifikasi, ia menilai semua partai yang dinilai keanggotaannya memenuhi syarat. ‘’Tadi kita juga validasi nama yang ada dalam Sipol dan dibandingkan dengan KTP-el dan KTA Partai, apakah ybs memenuhi syarat. Selanjutnya dari hasil ini kemudian tim mengeluarkan berita acara,’’lanjutnya lagi.

Untuk kegiatan verifikasi selanjutnya atau hari ini, direncanakan melakukan verifikasi  terhadap Partai Nasdem, Hanura, PKB, PKPI dan PBB serta satu partai baru, yaitu Berkarya. ‘’Setelah nanti semua ferivikasi ini, kita sampaikan ke KPU Provinsi dan nantu KPU RI yang akan mennentukan apakah partai hasil verifikasi ini akan menjadi peserta pemilu 2019. Sesuai PKPU no 5 sebagaimana diatur bahwa tahapan ini akan diumumkan pada tanggal 17 Febraruari mendatang,’’pungkasnya. (Arif / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here