PDIP Gunakan Software Canggih, Cegah Kecurangan di Pilgub Papua 2018

0
485
Sekeretaris PDIP Papua, Calvin Masnembra, saat diwawancara. (Irfan/Koran Harian Pagi Papua)
Sekeretaris PDIP Papua, Calvin Masnembra, saat diwawancara. (Irfan/Koran Harian Pagi Papua)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Papua akan menggunakan sistem IT atau Software canggih untuk antisipasi kecurangan dan keterlambatan penghitungan suara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Papua tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

“Setiap pemilihan atau Pilkada selalu ada potensi  kecurangan maka kami dari PDIP akan menggunakan sistem IT atau software canggih untuk awasi kecurangan Pilkada Serentak 2018 baik Pilgub Papua maupun di beberapa kabupaten yang menggelar pemilihan,” kata Sekeretaris PDIP Papua, Calvin Masnembra saat menggelar TOT Pelatih Saksi, di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Papua, Yahim, Kota Sentani, belum lama ini.

Dia juga menjelaskan, bahwa software yang telah di siapkan pihaknya ini sangat lumayan canggih, bahkan setara dengan beberapa Lembaga Survei. Walaupun pihaknya enggan menjelaskan secara rinci, namun kinerja dari software tersebut untuk mempercepat perhitungan suara.

Diakui Calvin, software tersebut sudah dimiliki oleh seluruh jajaran PDIP se-Indonesia. Dimana alat tersebut akan digunakan untuk mempercepat perhitungan suara, lebih mengakuratkan data dan juga untuk mengantisipasi kecurangan pada Pilgub nanti.

“Intinya, kita bukan mau sombong tapi pada kenyataannya kita sudah memiliki software canggih” cetusnya.

PDIP juga, kata Sekertaris Calvin, sudah mulai melakukan pelatihan bagi pelatih saksi-saksi seluruh kabupaten/kota di Papua, terutama tentang cara penggunaan software ini.

“Agar nantinya pada saat pelaksanaan Pilgub, mereka dapat menggunakan software tersebut dan dapat mengantisipasi berbagai kecurangan,” jelasnya.

Calvin berharap, dengan persiapan dan juga penggunaan software canggih ini, nantinya dapat mencegah kecurangan serta mampu mewujudkan Pilkada bersih di Provinsi Papua. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here