Bupati Mathius Minta Kepolisian Kerja Profesional di Pilgub Papua 2018

0
392
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, Irfan / Koran Harian Pagi Papua)
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, meminta aparat Kepolisian di daerah itu untuk bekerja secara professional sesuai tugas dan tanggungjawabnya dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Provinsi Papua pada Juni 2018 mendatang.

“Sebagai pemerintah daerah, kita mohon kepada Kepolisian agar bekerja professional sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya, sebagai alat negara untuk menjaga keamanan dan kedamaian di setiap aktivitas pembangunan,” kata Bupati Mathius ketika di tanya wartawan terkait kepemimpinan baru di Polres Jayapura dalam pelaksanaan Pilgub Papua, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (25/1/2018).

Mathius Awoitauw berpesamn,  kepada Kepolisian untuk menjaga keamanan, ketertiban dan semua upaya-upaya pembangunan itu dapat berlangsung dengan aman dan damai dalam suasana-suasana kekeluargaan dan juga persaudaraan sebagai satu bangsa dan negara untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada atau Pilgub Papua 2018.

“Kita minta Kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban demi terlaksananya Pilkada atau Pilgub Papua yang aman dan damai serta lancar,” ujarnya.

Menurut Mathius, berdasarkan pengalaman Pilkada Kabupaten Jayapura tahun 2017 lalu itu merupakan suatu pengalaman yang kurang bagus dalam hubungan kerjasama untuk menjaga suasana kedamaian.

“Saya pikir pengalaman-pengalaman itu juga bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua, bukan dengan pemerintah dan Kepolisian maupun dengan pihak keamanan lainnya. Tetapi, untuk semua pihak bahwa pengalaman kemarin dalam Pilkada Kabupaten Jayapura ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk menjaga netralitas dan profesionalime dalam setiap tugas-tugas kita, batas-batas mana yang mempunyai tugas kita untuk di kerjakan,” tuturnya.

Untuk itu, ujarnya, pengalaman Pilkada Kabupaten Jayapura 2017 lalu itu penting sebagai pelajaran untuk ke tahun politik 2018 dan juga 2019 yang akan datang.

Sebagai kepala daerah, dirinya juga mengucapkan selamat kepada Kapolres Jayapura yang baru.

“Mudah-mudahan Kapolres yang baru ini membawa suasana baru, tanpa ada kotak-kotak dan tanpa ada batas-batas serta tetap professional. Dan, kita juga menyampaikan terima kasih untuk pak Urbinas beserta keluarga, selaku mantan Kapolres Jayapura yang sudah memberikan kontribusinya untuk kemajuan Kabupaten Jayapura,” ucap Bupati Mathius di akhir wawancaranya. (Irfan  / Koran HarianPagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here