Pemkab Biak Siapkan Perbup Pemanfaatan Dana Kampung

0
62
Masyarakat Biak dalam sebuah kegiatan bersama Menteri Yohana Yembise beberapa waktu lalu. (ISTIMEWA)

BIAK (LINTAS PAPUA)  –  Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua mempersiapkan peraturan bupati (Perbub) tentang penerimaan pemanfaatan dan pendistribusian alokasi dana desa tahun 2018.

“Pemkab Biak targetkan penyaluran dana desa tahun 2018 dapat direalisasikan setelah disahkan Perbup sebagai pedoman pencairan dana desa,” kata Asisten II Setda Biak, Mahasunu, dihubungi di Biak, Minggu.

Ia mengakui,  sesuai kebijakan Kementerian Desa Transmigrasi Daerah Tertinggal pagu dana desa untuk setiap kampung tidak sama karena disesuaikan dengan kreteria geografis luas wilayah dan jumlah penduduk serta kategori penduduk keluarga miskin.

Mahasunu menyebut pada tahun 2017 pembagian dana desa diterima kampung rata-data mendapat berkisar Rp. 720 juta/kampung tetapi untuk 2018 tidak sama alokasi dana yang diterima.

Dari kreteria penerima dana desa tahun 2018, menurut Mahasunu, jumlah anggaran diberikan sangat bervariasi dari Rp600 juta hingga Rp. 800 juta/kampung sesuai dengan klasifikasi kampung bersangkutan.

Menyinggung target pencairan dana desa 2018, menurut Mahasunu, diupayakan akan dipercepat sehingga serapan anggaranya dapat memenuhi kebutuhan pelayanan pemerintahan pembangunan dan pelayanan masyarakat di kampung bersangkutan.

“Penggunaan dana desa selain diawasi masyarakat juga melibatkan institusi terkait seperti kepolisian, Kejaksaan, KPK dan Inspektorat,” ungkapnya.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan pada tahun 2018 alokasi dana desa untuk Kabupaten Biak Numfor mencapai sebesar Rp180,8 miliar. (ant/Koran Harian Pagi Papua)