Irawadi, saat foto bersama anak jalanan dalam sebuah kegiatan. (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)
Irawadi, saat foto bersama anak jalanan dalam sebuah kegiatan. (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

 

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Jayapura, H.  Irawadi mengungkapkan berdasarkan data tahun 2017, jumlah anak jalanan yang di layani oleh Dinsos Kota Jayapura adalah sebanyak 150 anak. Sehingga pelayanan penanganan anak jalanan di tahun 2017 lebih meningkat dibandingkan di tahun 2016.

 
Tingginya jumlah anak jalanan di kota Jayapura menurut Irawadi disebabkan oleh broken home faktor ekonomi dan juga faktor lingkungan keluarganya yang tidak baik. Sehingga anak-anak ini terlibat dalam tindakan kriminal seperti melakukan pencurian di lingkungan kota Jayapura.
“Anak-anak ini harus mendapatkan pembinaan secara berkesinambungan karena kadar manusia itu berubah-ubah sehingga tidak cukup untuk dibina sekali. seperti ada 2 kasus yang ditangani oleh pekerja sosial dalam menangani kasus tindakan kriminal sampai di jenjang pengadilan,” pungkasnya.
Ia berharap dengan pelayanan yang diberikan kepada anak-anak mereka dapat mempunyai kesadaran yang tinggi untuk kembali kepada keluarga mereka masing-masing dan mendapatkan pendidikan yang semestinya. Hal ini tentunya merupakan tujuan dari pelayanan yang diberikan pihaknya yaitu agar anak-anak bisa kembali ke rumahnya. (Elsye Sanyi  / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here