PU  Kab. Jayapura Rencana  Selesaikan Jalan Demta  –  Depapre

0
15
Kepala Dinas PU Kabupaten Jayapura, Tedd Y. Mokay, S.Sos, M.Si. (ISTIMEWA / Dantop Eluay Facebook)
Kepala Dinas PU Kabupaten Jayapura, Ted Jones  Mokay, S.Sos, M.Si. (ISTIMEWA / Dantop Eluay Facebook)

SENTANI (LINTAS PAPUA)  – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Jayapura secara bertahap sejak tahun 2016 lalu hingga tahun 2018 ini berencana akan menyelesaikan pembangunan jalan lintas, yang menghubungkan Distrik Demta tembus Distrik Depapre hingga keluar di Pantai Pasir VI di Kota Jayapura.

“Akses jalan ini kami buka untuk menolong masyarakat yang mendiami sepanjang pesisir laut di Teluk Tanah Merah hingga ke Imbi numbay dalam pergerakan perekononiam dan pembangunan,” kata Kepala Dinas PU Kabupaten Jayapura, Tedd  Jones Mokay, S.Sos, M.Si., kepada awak media saat di temui di ruang kerjanya, Rabu (17/1/2018) pagi.

Tedd Mokay menuturkan, selain akses jalan tersebut, pihaknya juga sepanjang tahun 2017 lalu telah membuka sejumlah jalan kabupaten yakni jalan lintas antar distrik maupun antar kampung. “Jalan yang di bangun rata-rata menjadi akses utama bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitas pembangunan,” kata dia.

Pembangunan jalan saat memasuki Distrik Depapre (Eveerth Joumilena/Koran Harian Pagi Papua)

Jalan lintas Demta tembus Depapre hingga tembus ke Pasir VI-Kota Jayapura, kata Tedd, tentu akan melewati sejumlah kampung dan distrik seperti Distrik Demta-Distrik Yokari-Distrik Depapre-Distrik Ravenirara-Pasir VI di Kota Jayapura.

Menurut dia, rute tersebut adalah rute yang cukup panjang. Namun pihaknya berkomitmen  membangun demi kepentingan masyarakat. Dengan adanya akses jalan yang baik, tentu akan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat dari sektor pariwisata.

Sebab, kata Tedd, sepanjang jalan tersebut terdapat banyak lokasi wisata berupa pantai-pantai pasir putih yang indah dan juga pemandangan laut yang elok, yang kesemuanya jika di kelola secara baik maka dapat memberikan in come bagi pendapatan warga.

Disinggung mengenai konstruksi jalan, Kadis Tedd menjelaskan bahwa konstruksi yang digunakan oleh pihaknya membangun jalan tersebut memiliki konstruksi yang kuat dan mampu bertahan untuk bertahun-tahun penggunaannya.

Jalur Utama Memasuki Distrik Depapre (Eveerth Joumilena / Koran Harian Pagi Papua))

“Kami berharap, jalan-jalan yang kami bangun ini memberikan manfaat bagi penduduk terutama dapat memperlancar mobilisasi pembangunan, ekonomi masyarakat antar kampung, antar distrik hingga membuka akses ke Kota Sentani maupun Kota Jayapura,” paparnya.

Ditambahkan, tahun ini direncanakan masih ada sejumlah jalan yang akan di bangun. Dengan demikian, disaat kepemimpinan Bupati, Mathius Awoitauw dan Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro yang kini menjabat memberikan pembangunan nyata berupa jalan kepada masyarakatnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)