Tampak Kesibukan Penerbangan di Bandara Sentani (Foto Facebook Hairil)
ihak Bandara Internasional Sentani, Lanud Jayapura (AURI), Angkasa Pura Support II, Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura dan Perusda Baniyau, dalam membahas penataan dan juga pembenahan Bandara Internasional Sentani, yang berlangsung di VIP Room Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Senin (15/1/2018) siang. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Menjelang perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX tahun 2020 mendatang yang akan di gelar di Provinsi Papua, itu perlunya adanya pembenahan-pembenahan di areal Bandar Udara (Bandara) Internasional Sentani.

Hal itu di tegaskan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, kepada wartawan usai melakukan pertemuan dengan pihak Bandara Internasional Sentani, Lanud Jayapura (AURI), Angkasa Pura Support II, Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura dan Perusda Baniyau, dalam membahas penataan dan juga pembenahan Bandara Internasional Sentani, yang berlangsung di VIP Room Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Senin (15/1/2018) siang.

Bandara Internasional Sentani. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

Selain di hadiri Bupati Mathius, juga di hadiri Kepala Bandara (Kabandara) Internasional Sentani Antonius Widyo Praptono, perwakilan Lanud Jayapura, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP.,  Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura Wiklif Yarisetouw, Kepala Dinas PU Kabupaten Jayapura Tedd Mokay, Direktur Perusda Baniyau Ani Fonataba dan Ketua Kadin Kabupaten Jayapura Hengky Jokhu.

“Tadi (kemarin siang) itu kita melakukan pertemuan dengan pihak Bandara Sentani, Angkasa Pura Support, Dinas Perhubungan, Lanud Jayapura dan Perusda Baniyau, untuk bagaimana kita menata kawasan bandara guna menuju PON 2020,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Bupati Mathius, pihaknya sudah menyampaikan bahwa ada pembenahan-pembenahan berskala besar yang akan di lakukan pihaknya. Olehnya, pihaknya juga akan komunikasikan dengan masyarakat adat lagi.
“Termasuk juga di depan hingga masuk ke dalam areal Bandara Sentani, bagaimana kita buat ruang terbuka hijau (RTH), yang juga kita sudah di diskusikan tadi (kemarin siang). Hal ini akan kita sampaikan kepada Pemerintah Provinsi Papua, karena kabupaten ini hanya tempatnya saja. Namun Bandara Sentani ini adalah bandara internasional,” katanya.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., saat diwawancara. (Irfan)

Di katakan Bupati Mathius, dengan menyampaikan kepada pihak Pemerintah Provinsi Papua karena Pemprov sangat bertanggungjawab. Apalagi kita akan menghadapi PON XX tahun 2020. Nah, hal itu yang sedang kita bicarakan. Termasuk banyak pergeseran-pergeseran seperti perumahan dan juga kantor.

“Apalagi dari Pemda sudah menyiapkan lahan untuk pegawai-pegawai bandara, yang akan di bangun perumahannya pada tahun 2018 ini,” bebernya.

Menurut Mathius, dalam beberapa waktu ke depan ini nanti akan di pertajam dan di follow-up untuk merealisasikan pembenahan itu. Ada perencanaan oleh pihak Bandara Sentani secara keseluruhan baik itu di areal bandara maupun di depan (dari jalan masuk) menuju bandara.

“Hal itu nanti yang kita diskusikan bagaimana mempercepat koordinasi, karena ini menyangkut dengan lahan dan juga menyangkut dengan koordinasi-koordinasi terhadap fasilitas-fasilitas yang ada di atas itu. Kemudian perubahan pengembangan kawasan bandara itu juga harus kita geser, yang nantinya ada beberapa fasilitas seperti perluasan tempat parkir,” tuturnya.

Kepala Bandar Udara (Kabandara) Internasional Sentani, Antonius Widyo Praptono , saat menyampaikan keterangan pers di Bandara Sentani. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

Sementara itu, Kepala Bandar Udara (Kabandara) Internasional Sentani, Antonius Widyo Praptono menyampaikan, ucapan terima kasih dan juga memberi apresiasi yang tinggi kepada Bupati Jayapura.
Kami sangat apresiasi kepada pak Bupati karena sudah bisa membuat kami untuk persiapkan perencanaan terkait dengan rencana pelaksanaan PON 2020.

“Dari sini sudah di siapkan semuanya, yang di mulai dari lahan parkir yang kita siapkan untuk di perluas dan termasuk juga sarana prasarananya terkait dengan terminal maupun fasilitas-fasilitas lainnya yang sudah kita siapkan semua. Mudah-mudahan di tahun 2020 sudah bisa terealisasi untuk persiapan PON XX, katanya. (Irfan  / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here