Pilgub  Papua 2018, Pasangan Lukas Enembe – Klemen Tinal  Resmi Daftar ke KPU

0
525
Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Lukas Enembe – Klemen Tinal, tiba di Kantor KPU Papua untuk mendaftar sebagai kandidat Pilgub 2018. (Erwin /Koran Harian Pagi Papua)
Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Lukas Enembe – Klemen Tinal, tiba di Kantor KPU Papua untuk mendaftar sebagai kandidat Pilgub 2018. (Erwin /Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Lukas Enembe – Klemen Tinal (Lukmen), resmi mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua.

Pasangan petahanan ini tiba di Kantor KPU Papua sekitar pukul 15.00 WIT setelah melakukan long march dari Swiss belhotel Jayapura, dengan diarak ribuan pendukungnya. Lukmen pun hadir di dampingi petinggi 10 partai pengusung yang telah menyatakan dukungan dalam deklarasi sebelumnya.

Setibanya di Kantor KPU Papua, pasangan ini langsung bergegas menuju aula kantor untuk melakukan pendaftaran. Ketua KPU Papua Adam Arisoi bersama seluruh komisioner menyambut dan langsung meneliti seluruh berkas yang disampaikan.

Anggota KPU Provinsi Papua, Tarwinto pada kesempatan itu, menerangkan syarat dan tahapan proses pendaftaran kepada pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur.

Dimana, menurut dia, pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua diatur dalam perdasus tentang dukungan partai politik  minimal 15 persen suara dari jumlah kursi atau 15 persen dari suara sah di DPR Papua.

Waktu pendaftaran bagi bakal calon dari dukungan parpol dimulai pada 8-10 Desember 2017.

Sementara lawan dari pasangan Lukmen, yakni Jhon Wempi Wetipo-Habel Mekias Suwae dijadwalkan mendaftar pada hari ini (Rabu,red).

Sebelumnya, Koalisi Papua Bangkit Jilid II resmi mengusung pasangan Lukas Enembe dan Klemen Tinal (Lukmen), dalam deklarasi di GOR Cenderawasih Jayapura, akhir Desember lalu.

Dengan klaim dukungan mayoritas partai di parlemen, Lukmen optimis dapat kembali berjaya di Pilgub 2018, karena mendapat dukungan penuh sebagian besar partai.

Total ada 10 partai yang menyatakan dukungan kepada pasangan Gubernur Lukas Enembe – Klemen Tinal.

Suasana Deklarasi pasangan calon Gubernur, Lukas Enembe dan Calon Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal., sebelumnya. (istimewa)

Ke-10 partai pendukung tersebut, yakni Golkar, Hanura, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Kemudian, Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Demokrat. Sementara total 10 partai dalam parlemen mencapai 43 kursi.

Seentara pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur, John Wempi Wetipo (JWW) dan Habel Melkias Suwae secara resmi mendeklarasikan diri maju pada Pilgub tahun 2018 dihadapan puluhan ribu masyarakat di wilayah Pegunungan Papua di Lapangan Pendidikan, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (8/1).

 

JWW dan HMS didukung Partai PDI Perjuangan dan Gerindra yang memiliki kursi di parlemen. Sementara dua partai non kursi yang sudah menyatakan dukungan, yakni, PBB dan Perindo.

Pimpinan Partai Demokrat Papua, Lukas Enembe dan Pimpinan Partai NasDem Papua, Mathius Awoitauw, saat bersama menerima rekomenfdasi untuk Lukas Enembe didukung kembali dalam pencalionan Gubernur Papua 2018. (istimewa)

Deklarasi itu juga, dihadiri Ketua Badan Kehormatan DPP PDI Perjuangan, Komarudin Watubun, anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI, Mindo Sianipar, pengurus DPD Partai Gerindra yang dipimpin Natan Pahabol, Wakil Bupati Merauke Sularso, serta seluruh pengurus DPW Partai Perindo. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here