Wagub Klemen Tinal Ajak  Semua Pihak Berkontribusi Bagi Pembangunan

0
534
Wagub Papua, KLemen Tinal, saat diwawancara. (Erwin / Koran Harian Papua)
Wagub Papua, KLemen Tinal, saat diwawancara. (Erwin / Koran Harian Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal mengimbau semua pihak agar berbuat sesuatu yang berguna dan bermanfaat bagi provinsi ini. Hal yang dimaksud itu, diantaranya berkontribusi untuk mengisi pembangunan serta peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat secara luas.

“Contohnya bila ada di organisasi, sepatutnya juga memikirkan hal yang berguna bagi masyarakat dan pembangunan”.

“Dengan kata lain, tak salah bekerja sesuai tupoksi, namun menjadi hal yang penting agar setiap program yang dicanangkan itu menghasilkan sesuatu yang berguna bagi provinsi ini,” harap Wagub Klemen, saat menyampaikan arahan dalam satu kesempatan, kemarin, di Jayapura.

Sementara kepada instansi di lingkungan pemerintah provinsi, hal berguna yang dapat dibuat diantaranya dengan memberi kesempatan dan peluang yang lebih besar bagi pengusaha lokal, terkait proyek penunjukan langsung.

Ia berharap, Kepala SKPD tak menganggap remeh kemampuan pengusaha lokal, karena belum tentu penilaiannya benar.

“Intinya mulai dari sekarang mulai lah berpikiran positif. Kenapa? Karena di kabupaten tidak berlaku Otsus. Otsus itu berlaku di provinsi, maka wajib hukumnya kemudian suka atau tidak itu melekat terus di provinsi. Sehingga pemberdayaan kepada orang asli Papua itu wajib diprioritaskan karena amanat UU,” tuturnya.

Wagub sebelumnya pun memuji peran gereja yang sangat penting dan vital dalam menunjang proses pembangunan di wilayah Bumi Cenderawasih. Meski sebenarnya memiliki fungsi untuk mengarahkan jemaat kepada jalan yang benar, keterlibatan tokoh agama di Papua, sangat krusial dalam menunjang pembangunan di atas tanah ini.

“Bahkan untuk wilayah-wilayah pedalaman, justeru pihak agamalah yang pertama masuk dan mulai mengajarkan tentang pendidikan. Kemudian nilai hidup lainnya sehingga masyarakat menjadi mengerti”.

“Makanya perlu ada penghargaan bagi pihak gereja, tentunya kepada pendeta maupun misionaris yang sudah sejak awal berada di garda terdepan dalam memperkenalkan agama, sehingga membantu mendidik masyarakat hingga saat ini,” kata dia

 

Klemen menyadari keterlibatan tokoh agama yang merupakan penyambung suara Tuhan sebagai mitra pemerintah di tengah-tengah masyaralat perlu terus ditingkatkan. Apalagi para tokoh agama mampu menyampaikan hal-hal baik untuk memotivasi dan mengajak masyarakat turut berpartisipasi aktif dalam pembangunan.

“Seperti membangun komunikasi yang baik sehingga tercipta rasa aman diantara sesama. Kemudian berbicara tentang bahaya narkoba dan HIV/AIDS yang juga turut menjadi tanggung jawab tokoh agama”.

“Makanya, saya terus mengimbau agar semua pihak baik dalam organisasi tertentu agar dapat berperan untuk pembangunan. Sehingga harapan kedepan, masyarakat bisa lebih sejahtera dan Papua bisa kejar ketertinggalan dari provinsi lainnya,” tutup dia.(win)

Wagub Klemen pada kesempatan itu meminta agar para tokoh agama kristen turut berbicara mengingatkan tokoh agama lainnya untuk menjaga keamanan wilayah di Bumi Cenderawasih.

“Sebab bicara keamanan ini bukan saja soal fisik. Tetapi dalam bentuk rohani sehingga tidak hanya menjadi tugas pemerintah dan aparat keamanan untuk melakukannya. Tetapi menjadi tanggung jawab pihak gereja yang memiliki umat dalam upaya pembinaan secara mental spiritual,” kata Wagub. (Win  / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here