Seriusi PON 2020, Kerjasama Antar Disorda Papua dengan Jawa Barat Terus Dilakukan

0
699
Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua dengan serius ikut menyiapkan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke- XX di Papua 2020. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)

BANDUNG  (LINTAS PAPUA) – Provinsi Papua dengan serius menyiapkan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke- XX di Papua 2020. Melalui Dinas Olahraga dan Pemuda, pemerintah Papua menginisiasi kerjasama dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam persiapan penyelenggaraan PON XX Papua 2020.

Mengapa dengan Jawa Barat, kita ketahui bersama bahwa Jawa Barat telah berhasil menyelenggarakan PON XIX tahun 2016 lalu dengan lancar dan mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Tidak ada salahnya kita belajar dari yang sudah mempunyai pengalaman menyelenggarakan, apalagi baru setahun yang lalu event tersebut digelar.

 

Inisiasi tersebut dilakukan untuk mempersiapkan kerjasama yang lebih strategis antar Gubernur. Namun kali ini dilakukan penguatan komunikasi melalui instansi teknis dalam pengembangan keolahragaan yaitu Disorda Papua dan Disorda Jawa Barat. Awal tahun diharapkan sudah dapat ditandatangani kerjasama antar pimpinan tertinggi di masing-masing provinsi.

Maksud diadakannya kerjasama tersebut adalah memanfaatkan potensi, keahlian dan fasilitas yang dimiliki Jawa Barat dalam rangka memberi dukungan teknis pada persiapan dan penyelenggaraan PON XX di Papua. “Secara teknis diharapkan Jawa Barat dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman teknis persiapan dan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional untuk percepatan persiapan penyelenggaraan PON XX Papua 2020”.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda DR. Yusuf Yambe Yabdi ST. MT ., saat berbincang dengan Sekertaris Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Jawa Barat, DR.H. Dani Ramdan. (Geis Muguri / Koran Harian Pagi Papua)

Lingkup dari kerjasama tersebut meliputi dukungan SDM Jawa Barat yang berkompeten dalam penyelenggaraan PON serta dukungan peralatan pendukung untuk pertandingan beberapa cabang olahraga yang akan digelar di PON  XX Papua 2020.

Kerjasama dalam pengembangan SDM diantaranya kerjasama pengiriman SDM yang terlibat dalam PON XIX Jawa Barat untuk terlibat dalam persiapan dan penyelenggaraan PON XX Papua 2020, baik sebagai tim teknis maupun asistensi.

Bentuk lain adalah kerjasama penyelenggaraan pelatihan – pelatihan SDM dalam rangka percepatan dan persiapan PON XX Papua 2020. Sementara itu terkait peralatan, kerjasama yang diharapkan Papua meliputi kerjasama sewa atau hibah peralatan pendukung pertandingan beberapa cabang olahraga untuk dapat digunakan pada pelaksanaan PON XX Papua 2020 dan kerjasama pengembangan teknologi peralatan pendukung pelaksanaan PON XX Papua 2020.

Disorda Papua kembali mengirim beberapa staf untuk menimba ilmu langsung dengan eks anggota Panitia Besar PON XIX Jawa Barat, dalam hal ini dengan Disorda Jawa Barat. Kunjungan kali ini untuk mendapatkan pengetahuan teknis tentang operasionalisasi kesekretariatan dan penyiapan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk persiapan penyelenggaraan.

 

Diantaranya tentang Penyusunan Buku Panduan Umum PON XX Papua 2020 yang akan dikirimkan ke seluruh provinsi calon peserta PON XX Papua 2020. Selain itu juga tentang persiapan teknis untuk Bidang Pertandingan, termasuk kebutuhan peralatan, serta kebutuhan rangkaian upacara-upacara yang beragam.

Progres Minggu 10 Desember 2017.
Stadion Papua Bangkit Kampung Harapan. (Gustaf Pui Facebook)

Kita berharap mendapatkan informasi rinci tentang bidang pertandingan, peralatan, upacara. Informasi tersebut mulai dari aspek konsep filosofi, pengorganisasian, teknis pengadaan, pembiayaan, sampai pada implementasi teknis di lapangan.

 

Termasuk dalam hal ini Papua datang untuk mendapatkan informasi dari tangan pertama sehingga diharapkan dapat terhindar dari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu dalam persiapan maupun penyelenggaraan nantinya.

Namun  dengan demikian pertemuan tersebut diharapkan bisa mendapatkan banyak masukan, dan apa saja yang perlu dipersiapkan nantinya, dari kunjungan itu staff Disorda dan beberapa anggota PB PON XX 2020 diharapkan bisa bekerja sesuai dengan apa yang sudah mereka dapatkan tentunya.

Ilustrasi Sejumlah Atlet Papua perahi prestasi emas di PON XIX 2016 lalu di Jawa Barat . (Eveerth Joumilena / Koran Harian Pagi Papua)

Sementara itu, sebelumnya Pembahasan Konsep  Pedoman Umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020  yang dibahas oleh Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua dengan  Dinas Olahraga dan Pemuda  Provinsi Jawa Barat, serta staf PB PON XX, telah selesai melakukan rapat konsep pedoman umum  yang berlangsung di Ruang rapat Disorda, Jawa Barat, Kompleks Sport Center Arcamanik, Bandung,   Rabu, (20/12/2017) kemarin.

Dalam rapat yang membahas tiga hal penting yakni, Pedoman umum penyelenggaraan PON, Masterlpan pembukaan dan penutupan dan masterplan pertandingan PON 2020.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, DR. Yusuf Yambe Yabdi ST. MT., mengatakan, dari tiga hal penting itu yang lagi kita susun. “Pedoman umum penyelenggaraan PON, Masterplan pembukaan dan penutupan, serta Masterlpan pertandingan. Ini yang lagi kita menyusunnya. Jadi ini  baru konsep pedoman umum yang kita susun, jadi kita sudah melalui masterplan penyelenggaraan PON itu sudah susun. Cuma sekarang kita melakukan eksistensi dengan Jawa Barat”. Kata Yusuf, Rabu, (20/12/2017) kemarin.

Lanjut Kadisorda Papua itu, Nanti dari penyusunan ini akan keluar  rencana budgeting/anggaran dan konsep pembukaan dan penutupan serta rencana budgeting/anggaran  dan konsep pertandingan PON nanti keluarnya  seperti itu. (Geis Muguri  /  Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here