Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., Didampinggi PLH Sekda Kota Jayapura, kepala Kantor Kementerian Agama kota Jayapura, Danramil Abepura, perwakilan Polres Jayapura kota dan Satpol PP kota Jayapura, memantau pelaksanaan ibadah malam Kudus di 5 gereja dari perwakilan dominasi gereja di tanah Papua, yang tersebar di Kota Jayapura. (Humas Setda Kota Jayapura)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Guna memberikan rasa aman kepada warga Kota Jayapura yang melaksanakan ibadah misa malam kudus, Wakil Wali Kota Jayapura, dan muspida memantau suasana pelaksaan ibadah di sejumlah gereja.

Didampinggi PLH Sekda Kota Jayapura, kepala Kantor Kementerian Agama kota Jayapura, Danramil Abepura, perwakilan Polres Jayapura kota dan Satpol PP kota Jayapura, memantau pelaksanaan ibadah malam Kudus di 5 gereja dari perwakilan dominasi gereja ditanah papua, yang tersebar di kota Jayapura.

“Kami dari muspida kota Jayapura, didampingi Plh sekda kota Jayapura dan perwakilan Polresta, Dandim dan Kasatpol PP, dalam rangka misa natal, kami melakukan peninjauan di beberapa gereja, di Abepura, Waena, Jayapura Utara dan hamadi,”jelas Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru,  usai memantau secara langsung di sejumlah gereja di kota Jayapura, Minggu (24/12/2017).

Menurutnya, dari pantauannya bersama muspida, digereja yang didatangi, semua berjalan aman, baik lancar, tanpa ada gangguan.

Rustan Saru memberikan apresiasi,  atas pengamanan ibadah Malam Kudus yang dilakukan oleh warga kota dari berbagai unsur dari ormas kepemudaan Muslim di Kota Jayapura.

“Diluar tadi pengamanan banyak, tadi ada gabungan remaja masjid, yang ikut memberikan rasa aman, HMI juga ada, dari NU juga ada, bahkan dari organisasi kepemudaan islam ikut membantu, memberikan rasa aman disekitar gereja untuk beribadah,” tutur Mantan Anggota DPR Papua dari Fraksi PAN ini.

Menurutnya hal ini wajib disyukuri, dengan adanya pengamanan dari kepemudaan muslim ini merupakan wujud toleransi yang kuat di kota Jayapura.

Suasana Perayaan Ibadah Natal Jemaat Pniel Kotaraja. (Humas Setda Kota Jayapura)

“Ini merupakan bentuk wujud toleransi umat Islam yang ada di kota Jayapura, dalam menunjukan adanya kerjasama dalam toleransi umat beragama,dan ini harus di syukuri, walau kita berbeda tapi ada rasa toleransi, ada cinta damai, rasa kebersamaan yang diciptakan, sehingga mereka mencerminkan visi mis Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM,”katanya.

Wakil Wali Kota mengharapkan, dengan adanya suasana aman saat ini, bagi umat nasrani yang akan menjalan ibadah natal dapat berjalan dengan aman. Ia juga mengharapkan pengamanan ibadah natal dapat dilakukan seluruh komponen pemuda muslim yang ada di kota Jayapura. (Humas Setda Kota Jayapura)