Suasana ibadah Natal 2017 Bersama Pemerintah Kota Jayapura bersama TNI/Polri dan Masyarakat. tampak Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., saat menyalakan lilin Natal. (Humas Setda Kota Jayapura)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM, mengajak masyarakat agar bersama-sama menjaga keamanan Kota Port Numbay jelang perayaan Natal dan tahun baru 2018.

“Tanggal 25 desember pukul 7 pagi hingga 9 malam tidak membunyikan petasan dan meriam, tanggal 31 desember pukul 6 sore hingga 9 malam diharapkan tidak membunyikan petasan, kita hanya membatasi waktu saja,” ujar Wali Kota Jayapura, saat memberikan sambutan penyerahan 8 unit motor nelayan di pelabuhan Polisi Air Polda Papua, Kamis (21/12/2017).

Ia  mengharapkan, kepada pedagang dan warga untuk tidak berjualan dan membunyikan petasan jelang ibadah malam kudus dan hari Natal nanti.

“Jadi mohon para pedagang untuk sesuaikan, jika lewat jam itu silakan berjualan,kita hanya menghormati saudara-saudara kita yang sedang merayakan Natal dan refleksi akhir tahun,” pesannya.

Selain itu, Wali Kota menegaskan, agar penjualan miras tidak di lakukan secara ilegal dengan berbagai modus. Hal itu, dikuatkan dengan diterbitkan Instruksi Wali Kota Jayapura nomor 4 tahun 2017 tentang larangan menjual dan mengkosumsi minuman beralkohol serta melakukan kegiatan yang menimbulkan dentuman dan bunyi-bunyian.

Terdapat 4 poin yang menjadi larangan selama dalam Instruksi Wali Kota Jayapura yang harus menjadi perhatian warga Kota Jayapura yakni, pertama tidak diperbolehkan menjual dan mengkosumsi minuman beralkohol pada malam kudus, perayaan Natal dan  kunci tahun serta tahun baru 2018.

kedua adalah Tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan dentuman atau bunyi-bunyian seperti mercon dan sejenisnya, petasan kembang api pada waktu malam kudus, hari Natal, kunci tahun dan tahun baru 2018.

ketiga yaitu Menjaga ketentraman dan keamanan di lingkungan tempat tinggal masing-masing serta menjaga toleransi hidup antara umat beragama, serta keempat adalah  Barang siapa yang melanggar Intruksi Wali Kota Jayapura, akan diambil tindakan yang tegas. (Humas Setda Kota Jayapura)