Pemkot Bantu 8 Unit Kapal Kepada Nelayan Port Numbay

0
706
Delapan Kapal Motor Jonson dengan berbagai fasilitas yang diberikan Pemerintah Kota Jayapura kepada para nelayan. (Humas Setda Kota Jayapura)
Delapan Kapal Motor Jonson dengan berbagai fasilitas yang diberikan Pemerintah Kota Jayapura kepada para nelayan. (Humas Setda Kota Jayapura)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Pemerintah kota Jayapura, menyerahkan 8 unit kapal nelayan kepada 6 nelayan dan 2 koperasi nelayan di Pelabuhan Polisi Air Mapolda Papua, , Kamis (21/12/2017).

 

“Diterimanya kapal ini berukuran 3-GT, dapat digunakan dengan baik untuk meningkatkan ekonomi keluarga mereka dan juga dapat melayani masyarakat kota Jayapura dalam hal menyediahkan kebutuhan ikan di kota Jayapura,” ujar Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM, usai menyerahkan kapal nelayan kepada menerima manfaat.

Wali Kota meminta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kota Jayapura, agar dapat memperhatikan para nelayan yang ada di kota Jayapura secara menyeluruh dan tidak terjadi kesalahan bagi penerima manfaat.

“Saya juga harapkan kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, di kota Jayapura terdapat 3 nelayan, yang harus diperhatikan secara merata yaitu nelayan asli Port Numbay, dan Papua, yakni Serui dan Biak dan juga nelayan Non Papua seperti Buton dan Makassar,” katanya.

Wali Kota mengatakan, penyerahan perahu nelayan yang diterima sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang nelayan seperti GPS atau kompas dan jugar sarana penampung ikan hasil tangkapan serta kartu yang menjamin kesejahteran keluarga nelayan yang merupakan program prioritas pemerintah.

KEINDAHAN TELUK YOUTEFA. Sebagian besar wilayah Port Numbay berada di wilayah laut, sehingga banyak pula yang bermata pencaharian sebagai nelayan. (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

“Hal ini menjadi perhatian pemerintah karena jika gelombang laut tinggi kemungkinan nelayan tidak akan melaut, sehingga mempengaruhi perekonomian keluarga terutama kebutuhan istri dan anaknya,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Jayapura, Elsye P. Rubekwan. S.Pi. M.Si. mengatakan, penerima bantuan ini adalah mereka yang berprofesi sebagai nelayan aktif dan kelompok nelayan.

“Mereka adalah 3 dari orang Papua, 2 dari Buton, 1 dari Makassar dan 2 kelompok dan Port Numbay dari Kayu Batu yang terbentuk dalam koperasi,” ungkapnya.

Perahu yang diproduksi di Takalar Makassar, menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017 senilai Rp 1.661.000.000, dilengkapi dengan fasilitas palka tempat penyimpanan ikan, dua mesin motor 15 PK dan 1 paket jaring, alat pancing dan alat pendeteksi pergerakan ikan (fish finder). (Humas Setda Kota Jayapura)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here