Kabupaten dan Kota di Papua, 2018 Coba Kam Atur Ekonomi Kampung Baik Dolo

0
854
Mama - Mama dengan jualan sayuran yang hendak digunakan untuk acara bakar batu di Kenyam, Kabupaten Nduga. (Eveerth Joumilena /lintaspapua.com)
Sekretaris Daerah Provinsi Papua, TEA Herry Dosinaen, S.IP M.KP,,saat memberikan keterangan. (Erwin)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Bupati dan Walikota se- Papua, diimbau melaksanaan pembangunan secara merata mulai dari perkotaan hingga ke kampung-kampung, agar pertumbuhan ekonomi 2018 mampu tumbuh secara beriringan.

“Karena itu, saya imbau kepala daerah dan seluruh pemangku kepentingan turut menunjang program pertumbuhan ekonomi dimasing-masing wilayahnya,” ujar  Sekretaris Daerah  (Sekda) Papua Hery Dosinaen di Jayapura,  baru-baru ini.

Dia menilai,  positif pertumbuhan ekonomi bumi cenderawasih 2017 yang mencapai 9,20 persen atau lebih tinggi dibaning nasional, sekitar 5 persen lebih. Hanya, catatan positif tak mesti dibanggakan oleh semua pihk. Tetapi mesti menjadi pelecut semangat bagi semua pemangku kepentingan di Papua, agar makin kerja keras, meningkatkan perekonomian daerah.

Ilustrasi Situasi Transaksi Jual Beli di Lokasi Pasar Mama – Mama Papua di Jalan Percetakan Kota Jayapura. (ksp.go.id)

“Sebab bukan tanpa alasan saya menyampaikan hal ini. Alasannya karena pertumbuhan ekonomi Papua didongkrak oleh bidang pertambangan. Dimana, ketika bidang pertambangan ini dihilangkan, mungkin pertumbuhan ekonomi Papua menjadi di bawah nasional”.

 

 

 

“Nah hal inilah yang saya minta ada perhatian dari kita kita semua sebagai pemangku kepentingan. Untuk itu, saya minta hal ini diseriusi untuk kemajuan peerekonomian di daerah ini,” imbaunya.

 

 

“Jangan sampai ada kesenjangan pertumbuhan ekonomi antara wilayah perkotaan maupun di kampung-kampung. Harus pembangunan itu dilakukan secara merata, mulai dari perkotaan hingga ke kampung,” katanya.

Mama – Mama dengan jualan sayuran yang hendak digunakan untuk acara bakar batu di Kenyam, Kabupaten Nduga. (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

 

Sekda pada kesempatan itu, tak ketinggalan mengajak seluruh organisasi maupun asosiasi pengusaha agar ikut mendorong pertumbuhan ekonomi Papua melalui generasi muda. Diantaranya dengan mengembangkan ekonomi kreatif, guna menciptakan lapangan kerja bagi orang lain maupun diri sendiri.

“Yang pasti kita harus dorong agar pemuda dan pemudi Papua mampu berwiraswasta kedepan melalui sektor-sektor ekonomi kreatif yang ada di sekitarnya. Dengan begitu, kita harap ekonomi Papua bisa tumbuh lebih maksimal di masa mendatang,” tuntasnya.

Masyarakat saat berkumpul di Lapangan Trikora, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. (Eveerth Joumilena / Koran Harian Pagi Papua)

Sementara kepada pimpinan dan staf Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta stake holder terkait, Sekda berpesan untuk lebih memperkuat struktur perekonomian dengan berbagai program kegiatan yang menunjang implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). (Erwin  / Koran  Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here