Pemkab Jayapura Siap Tanam Padi Serentak di Lahan Sawah 13 Hektar

0
447
Suasana tanam padi bersama masyarakat di Kampung Serapo di Merauke . (LintasPapua.com)
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, SP, MM., dalam sebuah kegiatan di Jakarta. (Istimewa)

SENTANI (LINTAS PAPUA)  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) akan melakukan penanaman padi serentak pada hari Selasa (26/12/2017) mendatang. Lahan sawah yang di sediakan untuk penanaman padi serentak seluas 13 hektar are (Ha).

 

“Program tanam padi serentak tersebut merupakan bagian dari program upaya khusus (Upsus) mendukung swasembada pangan,” ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, SP, MM., kepada media ini, Rabu (20/12/2017).

Disampaikan, abhwa penanaman padi serentak ini akan di laksanakan di Kampung Swentab, Distrik Kemtuk Gresi, Kabupaten Jayapura di atas lahan seluas 13 hektar. Kegiatan ini akan di laksanakan gabungan kelompok tani setempat dengan anggota TNI.

Kegiatan tanam serentak padi ini, kata Adolf Yoku, akan di laksanakan pada 26 Desember 2017 mendatang dan akan di hadiri Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, juga Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro serta Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Nova Ismailiyanto, Anggota Komisi IV DPR RI H. Sulaiman Hamzah dan para pejabat di lingkup Pemkab Jayapura.

Pada kegiatan tanam serentak ini, benih padi yang di gunakan ialaha jenis padi varietas IR-64 dan penanamanya akan menggunakan alat tanam padi serta serta penanaman manual yang di lakukan oleh gabungan kelompok tani bersama anggota TNI.

“Pada kegiatan tanam serentak ini rencananya juga akan di serahkan alat mesin pertanian (Alsintan) seperti hand traktor, traktor roda empat, rice transplanter (alat tanam padi ototmatis) dan combine harvester (alat pemanen kombinasi) serta hand sprayer dari Pemkab Jayapura kepada gabungan kelompok tani dari sejumlah distrik yang ada di Kabupaten Jayapura,” katanya.

Ilustrasu Suasana Panen Padi di Merauke, beberapa waktu lalu. (ISTIMEWA)

Adolf Yoku menambahkan, dalam kesempatan itu pihaknya juga menyediakan lahan seluas 10 hektar untuk penanaman padi di Kampung Hamonggrang, Distrik Nimbokrang.
Kegiatan pencetakan lahan sawah ini menggunakan dana Otsus dan dana APBD Kabupaten Jayapura tahun 2017 dengan luas lahan sawah yang telah di cetak seluas 31 hektar.

 

Sementara, untuk penanaman padi di Kampung Kuipons, Distrik Nimboran dengan luas lahan seluas 8 hektar itu sudah di lakukan pada Oktober 2017 lalu dan untuk penanaman padi selanjutnya kita rencanakan di Kampung Hamonggrang, Distrik Nimbokrang pada tanggal 30 Desember 2017 nanti, tukasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here