PB PON Papua Bahas Pedoman Umum PON 2020 di Bandung

0
336
Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua , Yusuf Yambeyabdi, saat berbicara. (Erwin)
Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua, DR. Yusuf Yambe Yabdi ST. MT ., saat memberikan keterangan pers. (Geis Muguri / Koran Harian Pagi Papua)

JAKARTA (LINTAS PAPUA)  – Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua,  DR. Yusuf Yambe Yabdi ST,MT, dan Staff Panitia Besar  (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020, akan membahas Pedoman Umum penyelenggaraan PON 2020 di Bandung.

Dia mengatakan dalam rapat bersama staff-nya dan PB PON, setibanya di Bandung akan membahas Pedoman Umum dan Masterplan pelaksanaan PON selama dua hari.

“Setibanya di Bandung, kita akan membahas Pedoman Umum penyelenggaraan PON tahun 2020 dan konsep masterplan serta penyelenggaraan,” kata Yusuf Yambe Yabdi,  di Fave Hotel Jakarta,Senin  (18/12/2017) kemarin.

Menurutnya yang nanti akan dibahas itu, nanti pembukaan itu akan terdiri dari pengambila Api PON, serta pesta pembukaan kita harus cari tahu, ini harus disiapkan dari tahun berapa.?

“Yang kita harus tahu isi dari pembukaan itu apa saja, dan itu membutuhkan biaya sekitar berapa, karena dalam proses pembiyayaan itu nanti akan banyak. Kita minta dua Rp. 2 Triliun dan satu Triliun sudah dibayar untuk pembangunan Stadion Papua Bangkit lunas, jadi kita bangun struktur,” ungkapnya.

Semua peralatan, termasuk IT peralatan. Kita harus punya nanti diPra renja, itu baru nanti bisa  ketahuan mana yang kita sewa dan mana yang kita beli. Ia menambahkan struktur pertandingan PON, itu adalah bagaimana Spam lokalnya itu dibayar oleh masing-masing klaster, paling tidak ada panitia.

“Tapi nanti kita hitung dan kalau itu pastinya disitu lima orang dicabang Volly misalnya, dikalikan saja bisa mencapai 500 orang. Voli juga harus dikejar untuk dokumen peralatan seperti itu. Mana yang kita sewa diBandung, jadi dari kita paparan SDM-nya, kita sudah bisa pertandingan PON,” tuturnya.

Progres Minggu 10 Desember 2017.
Stadion Papua Bangkit Kampung Harapan. (Gustaf Pui Facebook)

Dia juga mengaku bahwa Dinas Olahraga punya tugas adalah menyiapkan peralatan, persiapan PON, SDM pertandingan dan upacara pembukaan. Nanti kita punya teman-teman yang dari PB PON Papua ini yang bekerja.

Untuk persiapan upacara juga Staff Disorda yang sudah ditunjuk akan kembali melakukan pertemuan di tanggal 21 Desember 2017, ke KONI pusat. Persiapan kita di 2018 setelah itu langsung kita kontrak IO. Sementara untuk pertemuan besok Selasa 19 Desember diBandung  akan diadakan di ruang rapat  Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Bandung Jawa Barat. (Geis Muguri  / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here