Wali Kota BTM dan Jurnalis Kunjungi Tokoh Pers Papua

0
4
Ketua IJTI Papua dan Nunung selaku jurnalis serta Senior Jurnalis, Bill Rettob dan Wali Kota Jayapura. (ISTIMEWA)
Ketua IJTI Papua dan Nunung selaku jurnalis serta Senior Jurnalis, Bill Rettob dan Wali Kota Jayapura. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Wali kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano MM, Jumat (15/12/2017) mengunjungi tokoh pers Papua Bill Rettob bersama para jurnalis dan Panitia Natal Bersama Jurnalis Jayapura.

Saat Wali kota tiba di kediaman Bill Rettob, suasana haru pun mulai terasa, wartawan era tahun 70an ini meneteskan airmata, ia tidak menyangka akan dikunjungi Wali kota.

“Baru pertama kali ada wali kota kunjungi saya,” katanya sambil terbata-bata.

Bill Rettob sudah menjadi jurnalis dari tahun 1975, setelah lulus dari Sekolah Tinggi Publisistik Jakarta dipercayakan mengelola De Tifa oleh Keuskupan, yang sudah berubah menjadi Tifa Irian dari tangan dinginnya banyak melahirkan jurnalis – jurnalis Papua yang handal, diantaranya Kris Ansaka, Albert Yogi, alm. Sem Nauw, alm. Ferdinant Teniwut, alm. Anton Kelanangame, alm. Lukas Degey, Frans Tekege, mantan Ketua PWI alm. Frans Ohoiwutun dan banyak lagi.

Bill Rettob mengelola Tifa Irian dari tahun 1975 hingga 1998 juga reporter BBC untuk Papua, kemudian bersama Zadrak Wamebu mendirikan Tabloid Jubi, sekitar tahun 2000 mendirikan Harian Fajar Papua di Sorong, dan di Sorong itulah terserang stroke.

Istri Bill Rettob mengakui kalau suaminya sudah 17 tahun stroke.

“Bapa stroke sudah 17 tahun, saat di Sorong mungkin waktu itu pisah-pisah jadi tidak ada yang urus,” katanya.
Ia pun menceritakan suka duka menjadi seorang istri jurnalis, menurutnya menjadi istri jurnalis harus siapa menjadi istri kedua, karena pekerjaannya akan menjadi istri pertamanya.

” Dalam menjalankan profesinya, jurnalis harus siap kapan pun, entah pagi, siang maupun tengah malam kalau ada panggilan tugas harus di jalankan, sama halnya dengan tentara, ” ungkapnya.

Kendati demikian, banyak sukanya, menjadi istri jurnalis bisa jalan-jalan kedaerah lain, karena biasanya ada acara-acara dari Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) berkunjung ke daerah lain.
Wali kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano MM, sengaja mengunjungi Bill Rettob, karena jasa-jasanya terhadap dunia pers Papua perlu dihargai.

“Saya kenal namanya lewat tulisannya di Tifa Irian, Bill Rettob berjasa untuk dunia pers Papua, karena dari tangan beliau banyak melahirkan jurnalis Papua,” katanya.

Diakuinya, ia juga dibesarkan oleh pers, pers lah yang mengangkat program-program pemkot Jayapura hingga pemkot Jayapura beberapa kali menerima penghargaan.

Sementara Ketua IJTI Papua Meirto Tangkepayung mengatakan, kunjungan jurnalis dengan wali kota merupakan bagian dari rangkaian kegiatan natal bersama jurnalis yang akan digelar Sabtu (16/12) di Sahid Hotel Entrop Jayapura.

“Untuk tahun ini panitia natal bersama jurnalis dari IJTI, rangkaiannya kunjungan kasih dan berbagai kasih. Kunjungan kasih kami mengunjungi tokoh pers Papua Bill Rettob dan berbagi kasih selain kunjungan ke panti asuhan juga berbagi kasih dengan janda-janda jurnalis,” katanya. (*)