Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM launching aplikasi Sistem Informasi Manajemen Administrasi (SIMAS) Telkomsel di SMAN 4 Jayapura. (Humas Setda Kota Jayapura)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM.,  melaunching aplikasi Sistem Informasi Manajemen Administrasi (SIMAS) Telkomsel di SMAN 4 Jayapura.

“Kota Jayapura menduduki peringkat kedua setelah Yogyakarta sekolah yang berbasis Informasi Teknologi dari 543 Kabupaten/Kota di Indonesia. Enam kota besar di Indonesia termasuk Kota Jayapura, masuk dalam Kota Cerdas,” katanya usai meluncurkan aplikasi SIMAS di SMAN 4 Jayapura, Selasa (12/12/2017).

Aplikasi yang dikembangkan Telkomsel Papua, tidak hanya dimanfaatkan siswa melainkan guru dan orang tua dalam memonitor perkembangan siswa di sekolah. Sebagai sekolah yang telah memanfaatkan perkembangan digitalisasi, SMAN 4 telah memanfaatkan online media dan komputerisasi dalam Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Nasional.

General Manager Sales Regional Papua – Maluku, Ismu Widodo mengatakan bahwa inisiator aplikasi ini adalah SMAN 4 sendiri, dengan pihak Telkomsel sebagai developer aplikasi ini.

Ilustrasi Proses belajar di sebuah sekolah
dan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBNK) 2017 di Kota Jayapura (Elsye Sanyi)

“Pemanfaatan aplikasi ini lebih kepada pengembangan productivity, innovative dan creativity,”katanya.

Kepala Sekola SMAN 4 Jayapura Laba Sembiring, SPd mengatakan jika pihak orang tua tidak memiliki handphone android, cukup dengan nomor hp saja bisa dilaporkan secara berkala atau realtime kehadiran siswa di sekolah.

“Cukup dengan nomor hp dan secara realtime laporan akan masuk ke nomor tersebut. Akan tetapi jika orang tua ingin mengetahui nilai anaknya, ingin mengetahui perkembangan psikologi anaknya itu harus menggunakan hp android,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota melihat langsung cara kerja aplikasi SIMAS berbasis android yang diterapkan siswa SMAN 4.

Melalui aplikasi tersebut siswa dapat melakukan absensi yang terintegrasi server yang bisa diakses oleh orang tua murid perihal kehadiran di sekolah, nilai, dan perkembangan psikologis. Sementara itu bagi guru bisa mengakses materi pembelajaran secara online sehingga nilai yang diberikan bisa langsung dipantau orang tua murid.(Humas Setda Kota Jayapura)