Bandara Senggi Ditarget Miliki Landasan 3000 meter

108
Bandara Udara Ilaga, potensi wisata di ketinggian Papua (Eveerth Joumilena/ LintasPapua.com)

KEEROM (LINTAS PAPUA) –  Menjawab kebutuhan akan makin meningkatnya frekuensi penerbangan di Kota Jayapura yang berimbas ke bandara lain termasuk Bandara Senggi, di Distrik Senggi. Maka Bandara tersebut direncanakan akan mengalami penambahan landasan pacu bandara hingga 3000 meter, namun akan dilakukan secara bertahap.

Bupati Keerom, Drs. Celsius Watae MH, mengemukakan sesuia rencana awal untuk panjang landasan Bandarah Senggi Kabupaten Keerom sepanjang 3000 Meter, Akan tetapi landasan tidak dapat dilaksanakan satu kali tetapi dilakukan secara bertahap sehingga ,di tahun 2017 ini  landasan Bandara Senggi meningkat menjadi  900 Meter dan diharapkan di Tahun 2018 mendatang bertambah menjadi 1.150 Mater hingga akhirnya mencapai 3000 meter.

‘’Sesuia keinginan, Landasan Pacu Bandara Senggi itu sepanjang 3.000 Meter, tapi pekerjaannya dilakukan secara bertahap dan sementara panjang landasannya sepanjang 900 Mater dan diharapkan di Tahun 2018 mendatang ada peningkatan Landasan Pacu menjadi 1.150 Mater,”ujarnya kepada wartawan belum lama ini saat mengunjungi Bandara senggi.

Bupati menambahkan, Bandara Senggi saat ini telah melayani sejumlah penerbangan yang telah masuk disana. Namun bila landasan pacu bisa ditambah menjadi 1.150 meter maka penerbangan ATR bisa masuk di Bandara Senggi. ‘’Artinya, Bandara Senggi akan menjadi landasan penyangga untuk Kabupaten Pengunungan Bintang, Kabupaten Yalimo dan Kabupaten lainnya,’’ungkapnya.

Ditambahkan untuk penerbangan pesawat pengangkut barang bisa melalui Bandara Senggi dan Kabupaten Pegunungan Bintang selalu mengharapkan landasan Bandara Senggi dapat diperpanjang. ‘’Kami harapkan Bandara Senggi yang berada diwilayah bagian tengah dibutuhkan untuk membantu masyarakat,’’pungkasnya.(Rif / Koran Harian Pagi Papua)