APBD Kota Jayapura 2018 Ditetapkan 1 Triliun Lebih

0
566
Keindahan Teluk Youtefa, tampak Hamadi dan Kampung Tobati dan Holtekamp yang masih dilalui dengan perahu, sehingga akan dibangun jembatan penyeberangan. (Eveerth Joumilena /LintasPapua.COM)
Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM, tandatangan pengesahan disaksikan pimpinan DPRD Kota Jayapura. (Humas Setda Kota Jayapura)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  Sidang  paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jayapura tentang rancangan peraturan daerah tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah tahun anggaran 2018 ditetapkan Rp. 1.320.924.829.280.

Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM, mengatakan Penetapan APBD kota Jayapura tahun 2018, diharapkan menjadi komitmen bersama dalam mendukung jalannya program strategis pemerintah kota Jayapura yang harus di implementasikan secara baik dan struktur.

“Keputusan dan komitmen kebijakan terhadap program-program strategis daerah yang tertuang melalui rumusan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggran 2018, dapat di implementasikan secara baik dan terukur pada rentang waktu kerja tahun 2018 yang akan datang,”cetus Wali Kota dalam pidato penutupan sidang  paripurna DPRD kota Jayapura tentang rancangan peraturan daerah tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah, di ruang sidang DRPD Kota Jayapura, Selasa (12/12/2017).17.

Wali Kota mengaharapkan dengan program strategis daerah yang tertuang dalam APBD tahun 2018 bisa menjawab secara bertahap menjawab tuntutan dan kebutuhan dinamika pembangunan sesuai dengan RPJMD Kota Jayapura tahun 2018 – 2020.

“RKPD tahun 2018 yang menjadi titik awal dalam upaya mewujudkan visi dan misi kota Jayapura menuju kota yang maju, beriman, bersatu, mandiri, sejahtra dan modern berbasis kearifan lokal,”harapnya.

Keindahan Teluk Youtefa, tampak Hamadi Tobati dan Holtekamp yang masih dilalui dengan perahu, sehingga akan dibangun jembatan penyeberangan. (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

Menurutnya, dengan telah disetujuinya APBD kota Jayapura tahun anggaran 2018, sudah menjadi kewajiban eksekutif untuk menindak lanjuti pelaksanaan dan tentunya tetap memperhatikan saran, pendapat dan himbauan serta kesepakatan antara eksekutif dan legeslatif selama tahap persidangan.

“Untuk itu sudah menjadi tekat eksektuif untuk terus memacu kinerja setiap organisasi perangkat daerah pemerintah kota Jayapura agar dapat meningkatkan produktifitas kerja, meningkatkan kualitas palayanan kepada masyarakat serta mampu memenuhi sumber daya dan sumber dana yang tersedia secara efesien dan efektif untuk mencapai target program yang telah ditetapkan,”jelas Wali Kota.

Ia menjelaskan untuk menjaga konsisten dan stabilitas struktur APBD tahun anggaran 2018, di himbau dan menjadi perhatian kita semua terutama OPD teknis selaku pengguna dan penanggung jawab anggaran agar dapat mengambil langkah-langkah strategis.

ilustrasi Suasana Pembahasan Raperda oleh DPRD Kota Jayapura (Foto Istimewa)

“Struktur pendapatan, berupaya secara optimal untuk merelisasikan target penerimaan Pendapatan Asli Daerah, pemerintah atasan khususnya bagi hasil pajak dana otonomi khusus perlu pro-aktif secara insetif memperjuangkan ke pemerintah provinsi agar hak-hak daerah bawahan dapat terealisir sepenuhnya,”jelasnya

Menyoalkan penggunaan anggaran dana alokasi umum dan dana alokasi khusus yang merupakan penopang utama pembiayaan daerah baik belanja pegawai maupun belanja tidak langsung, khusus kepada instansi kolektor pendapatan asli daerah agar bekerja lebih giat, tingkatkan koordinasi dan kerjasama untuk mengoptimalkan realisasi target penerimaan.

Wali Kota menegaskan strukur belanja dan kebutuhan belanja yang telah ditetapkan APBD bukanlah penganggaran given yang mutlak setiap saat direalisasikan melaikan hal yang masih bersifat perencanaan indikatif dari realisasi pendapatan daerah.

“Kita harus tetap optimis dengan mengembangkan manajemen by objective dalam mendinamisasi program dan kegiatan serta sumber daya yang tersedia pada setiap OPD,” tegasnya. (Humas  Setda Kota Jayapura)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here