Kampung Ayapo sebagian keindahan alam Papua yang perlu dijaga dari panorama Danau Sentani. Juga Menjadi perhatian pelayanan Kampung KB. (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk&KB) Kabupaten Jayapura fokus melakukan pembinaan terhadap 12 Kampung KB yang telah di canangkan pembentukannya di sejumah Distrik yang ada di daerah ini.

“Jadi, setelah di canangkan nanti di keluarkan SK pembentukan dari pimpinan daerah (Bupati) untuk kampung-kampung yang sudah kita canangkan sebagai kampung KB. Pencanangan pembentukan Kampung KB ini merupakan kampung-kampung terpilih, yakni sebagai percontohan di setiap distrik itu ada satu kampung yang di bentuk menjadi Kampung KB,” kata Arry R. Deda, selaku Kepala Disdalduk&KB Kabupaten Jayapura, Selasa (12/12/2017) siang.

Lebih lanjut Arry mengatakan, bahwa pembentukan Kampung KB pada suatu wilayah harus memperhatikan beberapa persyaratan yang wajib di penuhi.

“Untuk lokasi yang di pilih di pinggir kota, penduduknya padat, kumuh dan yang paling sangat di lihat penggunaan KB yang rendah,” katanya lagi saat di konfirmasi wartawan harian ini ketika menghadiri acara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Jayapura, di Sasana Krida Kantor Gubernur Provinsi Papua.

Untuk menyukseskan program ini, Pemkab Jayapura berkoordinasi dengan Pemprov Papua dan pusat untuk anggaran dananya.

Ilustrasi Suasana Kampung Talasupa. (Istimewa)

“Jadi, kita fokus melakukan pembinaan terhadap 19 kampung yang telah di canangkan pembentukannya sebagai Kampung KB sambil menunggu di keluarkannya SK Pembentukan dari bapak Bupati Jayapura,” ujarnya.

Di tambahkan Arry, di perlukan dukungan dari seluruh perangkat agar apa yang di rencanakan selama ini dapat berjalan dengan sukses. “Dukungan dari seluruh perangkat sangat di perlukan untuk kesuksesan program ini,” imbuhnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)