TPA Waibron Diproyeksikan Jadi Besar dan Tercanggih di Papua

Kepala Bidang (Kabid) Fisik dan Prasarana pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Jayapura, Origenes Monim, ST, bersama tim saat meninjau TPS Doyo Lama Distrik Waibhu. (Irfan)

SENTANI (LINTAS  PAPYUA) – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang di bangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura yang ada di Kampung Waibron, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura, bakal di proyeksikan menjadi TPA terbesar dan tercanggih di Provinsi Papua.

Demikian di ungkapkan, Kepala Bidang (Kabid) Fisik dan Prasarana pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Jayapura, Origenes Monim, ST, ketika menghubungi wartawan harian ini usai melakukan peninjauan ke lokasi TPA Waibron, di Kampung Waibron, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura, Rabu (6/12/2017) sore sekitar pukul 17.30 WIT.

Kabid Fisik dan Prasarana pada Bappeda Kabupaten Jayapura, Origenes Monim, ST, mengatakan, lahan dari TPA Waibron ini paling luas.

“Teknologi yang akan kita terapkan di TPA Waibron itu nanti memiliki kecanggihan yang luar biasa dalam mengontrol dan mengolah sampah,” kata Origenes Monim, Rabu (6/12/2017) sore.

TPA di Waibron ini, selain menggunakan konsep canggih juga nantinya konstruksi yang akan di gunakan dalam pembangunan TPA tersebut memiliki kualitas tinggi. Karena pembangunannya akan melibatkan para ahli yang berkompeten dengan pekerja yang handal, sehingga tidak di ragukan lagi mengenai kelebihan TPA di Waibron.

Origenes Monim menuturkan, bahwa TPA Waibron di bangun berdasarkan pada sejumlah kajian-kajian tekhnis, dengan memempertimbangkan sejumlah dampak bagi keberlangsungan ekosistem di kawasan TPA. Tetapi, juga mengkaji soal higienis udara serta lingkungan bagi warga sekitar.

“Pembangunan TPA terkatung-katung itu di sebabkan oleh tingginya intensitas penelitian yang di lakukan oleh sejumlah institusi resmi dalam rangka memastikan tidak mengganggu lingkungan,” imbuhnya.

Lanjut dirinya menjelaskan, kehadiran TPA Waibron di Kabupaten Jayapura ke depan akan memberikan solusi dalam penanganan masalah sampah baik di Kabupaten Jayapura, juga Kota Jayapura dan sejumlah daerah lainnya.

Origenes menambahkan, pengelolaan TPA di lakukan secara profesional dengan mengedepankan penjagaan lingkungan yang seimbang serta tidak  merusak lingkungan di sekitar TPA.

“Kami berharap bahwa ke depan semua pihak yang ada di Kampung Waibron tidak lagi mempersoalkan lokasi TPA, supaya pengoperasian TPA dapat berjalan dengan baik,” harap dia.

Origenes menelaskan, dengan hadirnya TPA Waibron maka Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang ada di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibhu akan di tutup. Maka segala aktivitas pesampahan akan di alihkan ke TPA di Kampung Waibron. (Irf / Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...