Dinas Perumahan Bahas Laporan Akhir SSK 2017

KEEROM (LINTAS  PAPUA) —- Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan Kab Keerom, Drs. Edy Buntan, M.Si mengemukakan, bahwa sebagai bagian dari syarat yang harus disampaikan ke pusat, maka Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan menggelar rapat Pembahasan Laporan Akhir Dokumen Penyusunan Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK) di Aula Kantor Badan Perbatasan Kab Keerom, kemarin (05/12/2017).

‘’Jadi rapat penyusunan laporan SSK di tingkat Kabupaten ini merupakan yang terakhir seetelah sebelumnya kita melakukan rapat yang sama tingkat nasional sekitar 2 bulan lalu dan dilanjutkan tingkat provinsi Papua pada awal November, sehingga kita lakukan saat ini ditingkat Kabupaten. Ini merupakan sebagai bagian dari syarat yang harus dilakukan agar pembiayaannya mendapat dana dari APBN atau DAK (dana alokasi khusus),’’ungkapnya menjawab HARIAN PAGI PAPUA,  di Aula Kantor Badan Perbatasan, kemarin (5/12/2017).

Ditambahkan dengan dokumen-dokumen yang telah lengkap maka koordinasi dengan PU pusat akan lebih memungkinkan dan cair. Diakuinya menyangkut sanitasi ini memang ada kesan dualisme karena untuk program tersebut tahun lalu ada di Dinas PU.

‘’Menyangkut sanitasi ini memang tahun lalu ada di Dinas PU tepatnya di bidang Cipta Karya, namun kini sudah menjadi tugas dan kewenangan dinas perumahan, hal ini juga sempat mengemukakan dalam rapat bahkan menghangat, namun demikian ia meminta agar hal ini tak membuat kendala namun tetap akan dilakukan koordinasi dengan pihak PU dan Bappeda serta tim anggaran Pemkab agar tak terjadi tumpang tindih soal tugas dan kewenangan.’’lanjutnya.

Ditambahkan akan menjadi prioritas bagi Dinas Perumahan untuk program-program yang diajukan pemerintah Keerom, terkait pembuangan limbah rumah tangga, prioritas drainase lingkungan, sanitasi pembuangan limbah rumah tangga. ‘’Kita program akan menyangkut sanitasi lingkungan,’’pungkasnya.

Pada rapat kali ini Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Adrianus Samonsabra membuka kegiatan mewakili Bupati Keerom. Hadir juga pada kegiatan tersebut utusan dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PU, Bappeda, konsultan dan tamu undangan lain.(Rif /  Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...