Angka Inflasi di Keerom Masih Terkendali

Suasana Rapat TPID (tim pengendali inflasi daerah) Kab. Keerom yang dipimpin Bupati Keerom, Drs. Celsius Watae MH di Aula Kantor Bappeda Keerom, kemarin. (Rif)

Bupati Keerom Tekankan Untuk Jaga Stok dan Harga Bahan Pokok Jelang Natal dan Tahun Baru

KEEROM (HPP) —- Angka inflasi di Kabupaten Keerom selama triwulan ketiga tahun 2017 dinilai masih stabil dan terkendali. Karena secara rata-rata inflasi di Keerom masih dibawah 1 %, ini dinilai masih baik jika dibandingkan angka inflasi di Papua dan nasional.

Hal ini terungkap dalam rapat TPID (tim pengendali inflasi daerah) Kab Keerom, yang dipimpin Bupati Keerom, Drs. Celsius Watae, MH, di ruang rapat Kantor Bappeda Kab Keerom, Rabu (5/12). Rapat ini diikuti oleh anggota TPID yang berasal dari beberapa instansi terkait seperti BPS Keerom, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jayapura, Bulog, Disperindagkop, Dinas Pertanian, distributor Sembako, APMS BBM dan Minyak Tanah, dan lainnya.

Bupati Keerom, Drs. Celsius Watae MH, pada kesempatan tersebut mengemukakan angka inflasi di Keerom di Bulan November sebesar 0,01 % dinilai stabil jika dibanding inflasi di Provinsi Papua yang mencapai 1,43 %, dan secara nasional yang sebesar 2,87 %.

‘’Memang angka inflasi di Keerom dinilai stabil. Namun demikian saya berharap ini tidak mengurangi kewaspadaan kita untuk mengawasi dan mengantisipasi kondisi menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, dimana saat itu terjadi peningkatan  frekuensi penjualan akibat peningkatan permintaan konsumen terutama untuk bahan-bahan kebutuhan Natal dan tahun baru,’’ungkap Bupati saat memberikan arahan, kemarin.

Sekali lagi ia menekankan,  kepada instansi teknis terkait untuk mengantisipasinya. Ia meminta agar harga kebutuhan pokok tidak mengalami kenaikan saat natal ataupun kalau ada kenaikan masih dalam taraf yang wajar. ‘’Ini penting agar tidak menurunkan daya beli masyarakat terhadap barang-barang kebutuhan natal dan tahun baru khususnya sembako,’’lanjutnya.

Ditambahkan, bahwa dari info yang diberikan oleh perindagkop dan distributor di Keerom, diketahui bahwa stok bahan pokok kebutuhan rumah tangga diketahui masih cukup atau aman. ‘’Meskipun info sampai saat ini dinyatakan cukup aman tapi Pemkab akan terus pantau ketahanan produk-produk terutama untuk kebutuhan rumah tangga seperti cabe, bawang, daging dan lainnya. yang akan dipantau tentunya stok dan juga jaminan harga tak melonjak di masa natal tahun baru,’’pungkasnya. (Rif  / Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...