SKPD Diingatkan Cairkan Anggaran Sesuai Realisasi Pekerjaan

Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Heri Dosinaen S.IP M.KP,,saat membawakan sambutan, dalam sebuah kegiatan lainnya.. (Erwin)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah provinsi, diingatkan untuk mencairkan anggaran pembangunan 2017, baik fisik maupun pengadaan barang dan jasa dengan disesuaikan pada angka persentase realisasi pekerjaan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen berharap SKPD tidak dengan sengaja menagih diatas nilai persentase realisasi pekerjaan, demi mengejar serapan anggaran. Sebab tindakan tersebut berpotensi diperhadapkan dengan “meja hijau”.

“Simpelnya kalau suatu pekerjaan fisik itu hanya bisa dikerjakan 60 persen ya menagih dan membayar kepada pihak ketiga sebesar persentase itu. Jangan sebaliknya menagih tak sesuai kondisi fisik yang rill di lapangan”.

“Intinya semua pekerjaan harus dilakukan sesuai dengan aturan yang ada termasuk dalam penagihannya,” ucap Hery di Jayapura, akhir pekan lalu, kepada wartawan.

Sementara memasuki awal Desember ini, pihaknya sudah menginstruksikan seluruh SKPD untuk bekerja keras mempercepat penyerapan anggaran. Sebab sisa efektif tahun anggaran di 2017, tinggal menyisahkan dua hingga tiga minggu berjalan.

“Kita terus bekerja keras dan kalau bulan kemarin mencapai 50 persen, saat ini serapan anggarannya sudah mendekati 65 persen. Angka ini setiap harinya bertambah terus sebab seluruh SKPD didorong melakukan penagihan setiap hari kerja hingga tutup buku di akhir bulan nanti,” ucap dia.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua, Ridwan Rumasukun optimis target serapan anggaran tahun ini bakal tercapai. Sebab menurut pengalamannya, pihak ketiga di Papua lebih banyak memilih menagih secara full, usai seluruh pekerjaan dirampungkan pada akhir tahun.

“Memang sejauh ini daya serap SKPD dipengaruhi proses lelang yang sementara sedang berjalan di Biro Pangadaan Barang dan Jasa. Tapi sampai akhir tahun anggaran ini, saya yakin target daya serap Pemprov Papua akan tercapai. kendatipun ada sisa, tidak akan banyak,” ucapnya.

Hal senada sebelumnya, disampaikan Asisten bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri. Ia optimis serapan anggaran akan mencapai target. Hanya saja dirinya mengimbau SKPD untuk terus bekerja keras meningkatkan daya serapnya serta tak menunda-nunda membayar tagihan rekanan.

“Yang pasti untuk penagihan pekerjaan dari pihak ketiga, saya harap SKPD segera membayar sesuai dengan tingkat pekerjaan. Jangan semua tagihan di tumpuk ke akhir tahun,” imbaunya. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...