Pemprov Pastikan Sidang RAPBD Dirampungkan Bulan ini

Sekda Papua, Hery Dosinaen, saat diwawancara. (Erwin /Koran Harian Pagi Papua).

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Meski belum menjadwalkan waktu pelaksanaan sidang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2018, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen memastikan pembahasannya dirampungkan pada akhir bulan ini.

Dengan disahkan pada bulan ini, diharapkan seluruh kegiatan pemerintahan dan pembangunan dapat diawali pada Januari 2018 mendatang. Hal tersebut disampaikan Sekda Hery, saat menjawab pertanyaan pers di Jayapura, baru-baru ini.

Dia mengakui, sampai dengan saat ini, Pemerintah Provinsi Papua belum melakukan sidang Rancangan APBD 2018, dikarenakan masih menunggu konsolidasi maupun konsultasi terkait Instruksi Presiden (Impres) tentang PON.

Mengapa demikian, karena Impres PON tersebut, nyatanya akan sangat berkorelasi dengan postur APBD Papua di tahun anggaran 2018.

“Sehingga hal itu juga yang menjadi alasan bagi pemerintah provinsi dan DPR Papua untuk belum mengagendakan sidang paripurna RAPBD 2018. Tapi kita semua sudah berkomitmen untuk bakal dihelat sidangnya sebelum akhir tahun ini,” bilangnya.

Dia menambahkan, peran APBD sebenarnya bukan hanya berkaitan dengan angka-angka pendapatan dan belanja daerah, melainkan mesti bermanfaat bagi kepentingan pembangunan maupun pelayanan pemerintahan kepada masyarakat.

Oleh karenanya, kebijakan pembangunan yang direncanakan dalam RAPBD 2018 itu, ingin dijalankan dengan optimalkan namun tetap dengan semangat dalam rangka pemenuhan pelayanan dasar di bidang pendidikan, kesehatan, perkonomian rakyat dan penyediaan infrastruktur.

“Makanya, kita juga berharap kualitas pengelolaan APBD di kabupaten dan kota, bisa juga dilakukan secara terukur. Dengan begitu, diharapkan alokasi anggaran di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), mampu dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Sebelumnya, Sekertaris Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Indro Baskoro berpesan agar dalam penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 Provinsi Papua diprioritaskan untuk pelayanan publik.

Dia juga minta agar pemerintah kabupaten dan kota memperhatikan jadwal maupun tahapan proses penyusunan, pembahasan dan penetapan ABPD 2018. (Erwin  / Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...