ASN Papua Kam Stop Berpolitik , 2018 Cobalah Jaga Netralitas

Wagub Papua, Klemen Tinal bertindak sebagai inspektur upacara (irup) pada peringatan Hari Bhakti PU ke 72 yang diselenggarakan di Halaman Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Senin pagi. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal mengingatkan seluruh aparatur sipil negara, lebih khusus pegawai di instansi Pekerjaan Umum (PU), agar tak terlibat aktif dalam pagelaran Pilkada bupati maupun gubernur yang akan berlangsung pada 2018 mendatang.

Klemen yang juga baru-baru ini dilantik sebagai Ketua DPD Golkar Papua mengingatkan,  agar ASN netral serta memegang teguh sumpah janji sebagai abdi negara. Dilain pihak, berkomitmen tinggi mendukung visi dan misi kepala daerah, untuk mewujudkan Papua bangkit, mandiri dan sejahtera.

Hal demikian disampaikan Wagub dalam arahannya selaku inspektur upacara (Irup), disela-sela peringatan Hari Bhakti PU ke 72 yang diselenggarakan di Halaman Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Senin (4/12/2017) pagi.

Sementara menyoal sejarah peringatan hari bhakti PU, berawal dari kisah 72 tahun lalu dimana sebanyak 21 pegawai yang ditugasi menjaga Gedung Sate Bandung (Departemen Pekerjaan Umum saat itu), namun mendapat serangan dari pasukan sekutu dengan persenjataan berat.

Namun, kekompakan, kebersamaan dan keberanian dengan daya juang tinggi dapat mempertahankan setiap jengkal gedung tersebut, dan membuat mereka bertempur hingga tetes darah penghabisan.

ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua saat mengikuti arahan dalam Apel Senin pagi kemarin, di Halaman Kantor Gubernur Dok II Jayapura. (Erwin)

Peristiwa ini menyebabkan gugurnya tujuh orang pegawai PU, yakni Didi Hardianto Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Ranu, dan Soerjono yang kemudian disebut sebagai Pahlawan Sapta Taruna.

“Hal kemudian menjadi tonggak sejarah, dan bukti dari semangat berbakti untuk bumi pertiwi. Oleh karena itu, sekitanya militansi dan daya juang yang tinggi dari Pahlawan Sapta Taruna itu, menjadi nafas setiap insan pekerjaan umum yang bertugas di seluruh Papua”.

“Terlebih saat ini, dimana pembangunan infrastruktur sedang digenjot untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain, termasuk dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura,” jelas dia.

Dia tambahkan, tema Hari Bakti PU tahun ini, “Bakti PUPR Bangun Daya Saing Bangsa”. Melalui tema itu, semua insan pekerjaan umum diajak meningkatkan kerja sama dan kekompakan dalam menuntaskan misi pembangunan infastruktur. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...