Pemprov Peduli Korowai, Pemkab Terdekat Akan Diundang Bahas Penanganan Pendidikan

Gubernur Papua Lukas Enembe saat bertemu masyarakat suku Korowai, beberapa waktu lalu. (istimewa)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Pemerintah Provinsi Papua melalui dinas pendidikan, mewacanakan untuk mengundang lima kabupaten terdekat, guna membahas penanganan bidang pendidikan terhadap masyarakat suku Korowai.

Kepala Dinas Pendidikan Papua,  Elias Wonda mengatakan, bahwa  perlu segera ada terobosan program kerja, untuk memaksimalkan peningkatan bidang pendidikan di Korowai. Dengan demikian, pihaknya ingin melakukan pembahasan dengan kabupaten terdekat, agar kebijakan yang diambil tepat pada sasaran.

“Sebab tentu saja pemerintah kabupaten terdekat yang lebih paham dan tahu dengan kebutuhan masyarakat setempat. Makanya, kita akan segera bicara dengan pemerintah kabupaten terdekat di Korowai, supaya keputusan dan program yang diturunkan itu tidak mubazir”.

“Melainkan seutuhnya bisa mengangkat bidang pendidikan terhadap masyarakat suku Korowai,” ucap Elias Wonda, di Jayapura, Jumat siang.

Kepala Dinas Pendidikan Papua, Elias Wonda, saat diwawancara. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

Elias yang baru-baru ini ke Korowai menilai untuk meningkatkan bidang di daerah tersebut memang membutuh proses dan waktu yang tak sedikit. Kendati begitu, diri berkomitmen tinggi untuk meningkatkan pelayanan bidang pendidikan di Korowai.

“Dengan harapan pada masa mendatang kita bisa melahirkan banyak pemimpin dari Korowai, untuk selanjutnya membangun di wilayahnya sendiri,” harapnya.

Sementara ditanya dukungan pemerintah provinsi terhadap masyarakat Korowai, lebih khusus pada bidang pendidian, dia katakan, baru-baru ini sudah mengirim enam guru kontrak untuk mengabdi di wilayah itu.

Seorang Warga Suku Korowai, saat menuruni pohon dari rumahnya diketinggian (Istimewa)

Tak ketinggalan memberikan buku dan alat tulis bagi para siswa di Korowai, dengan harapan mampu meningkatkan minat belajar mereka.

“Tentu bantuan tersebut tak akan berhenti sampai disini. Kita harap kedepan akan lebih banyak lagi program yang diturunkan, sebab Gubernur sangat berkomitmen kuat dan telah memerintahkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk membangun wilayah tersebut”.

“Saya juga pada kesempatan ini berharap kepada pemerintah kabupaten terdekat untuk lebih mengarahkan perhatian kepada masyarakat suku Korowai. Sebab mereka sangat memerlukan sentuhan pembangunan sesegera mungkin,” imbaunya. (Erwin  /  Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...