Inggris Ajak Papua Kerja Sama Bidang Energi Terbarukan

Duta Besar Inggris, Moazzam Malik, saat diwawancara. (Erwin/ Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Pemerintah Inggris berkeinginan kuat mengajak Provinsi Papua untuk kerja sama di bidang energi terbarukan. Hal ini diungkap Duta Besar Inggris Moazzam Malik kepada pers, usai bertemu Gubernur Papua Lukas Enembe di Gedung Negara Dok V Atas Jayapura, pekan kemarin.

Dubes Moazzam mengatakan, bakal mengarahkan tim di kedutaannya untuk membahas kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Papua di awal 2018 mendatang.

“Sudah ada diskusi dengan Gubernur Papua untuk kita kerja sama membangun kebutuhan listrik di Papua pada tahun depan. Yang pasti ini aktivitas perekonomian yang ramah lingkungan”.

“Artinya, orang Papua bisa menggunakan sumber daya alam (untuk kebutuhan listrik) secara ramah lingkungan tanpa merusak pohon maupun hutannya,” Dubes.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengapresiasi tawaran kerja sama itu. Pihaknya pun siap menyambut kerja sama itu.

“Kita sambut baik tawaran dari Pemerintah Inggris. Sebab mereka memiliki konsep membangun kebutuhan listrik tanpa merusak lingkungan,” terangnya.

Duta Besar Inggris, Moazzam Malik bersalaman dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe, usai melakukan pertemuan tertutup, pekan kemarin, di Gedung Negara Dok V Atas Jayapura. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

Pemerintah Provinsi Papua saat ini memang tengah gencar-gencarnya untuk melakukan pengembangan potensi energi terbarukan di Bumi Cenderawasih.

Untuk mewujudkannya, Pemerintah Provinsi Papua baru-baru ini sudah mengirim 62 putra-putri asli Papua untuk mengeyam pendidikan di Sekolah Tinggi Tehnik (STT) PLN Jakarta. Para siswa dan siswi anak-anak Papua ini nantinya akan menimba ilmu selama tiga tahun dengan jurusan informatika, elektro dan mesin.

Gubernur Lukas berharap para siswa dan siswi yang dikirim ke STT PLN, dapat kembali untuk membaktikan hidupanya serta menerapkan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari bagi kemajuan masyarakat diatas tanah ini. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

 

 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...