Hasil Pilgub Papua 2018 Harus Ditampilkan Secara Digital 2 x 24 Jam

Ketua KPU RI, Arief Budiman, saat nenbawakan sambutannya. (Erwin /Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua diminta mampu menampilkan hasil Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 secara digital dan online kepada publik maksimal 2×24 jam.

Ketua KPU RI Arief Budiman menilai Provinsi Papua memiliki karakteristik wilayah yang sulit sehingga cukup mustahil untuk dapat mewujudkan hal itu.

Kendati demikian, ia minta KPU Papua untuk mampu mewujudkannya, agar masyarakat dapat memperoleh informasi secara cepat, tepat dan akurat, serta hasilnya dapat diterima oleh semua pihak.

“Kalau KPU melakukan dengan transparan dan memberi informasi kepada publik dengan cepat, saya yakin semua orang akan bisa menerima hasilnya”.

“Hal ini dapat kita lihat dalam Pilkada DKI Jakarta beberapa waktu lalu, dimana setempat menampilkan selruh hasil di TPS dalam waktu 2×24 jam. Memang kompetsi di Papua akan berlangsung sengit. Tapi tidak ada kemajuan tanpa kompetisi. Jadi, sesungguhnya kompetisi itu dibuat untuk dapat hal baik bagi masyarakat,” terang Arief Budiman dalam kunjungannya ke Jayapura, akhir pekan kemarin.

Dikatakan dia, KPU, Bawaslu dan pihak TNI/Polri, mengambil peranan terenting dalam pelaksanaan Pilkada 2018. Sukses tidaknya Pilkada, bergantung kepada lembaga penyelenggara itu.

Pilgub Papua 2018 . (istimewa)

Kendati demikian, harapan itu tidak bisa digantungkan seluruhnya kepada lembaga –lembaga tersebut. Dibutuhkan dukungan semua pihak, baik pemerintah provinsi, tokoh agama, tokoh masyarakat dan media massa agar Pilkada bisa berjalan sebagaimana mestinya.

“Untuk itu, saya harap semua pihak bisa turut mendukung menciptakan Pilkada yang aman dan damai di negeri ini. Sebab tak cukup hanya pihak penyelenggara yang melaksanakan. Butuh kerja sama semua unsur untuk menciptakan situasi yang aman dan nyaman dalam pesta demokrasi di Papua,” ucapnya.(Erwin  /Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...